3 Cara Memilih AC Untuk Kamar Kost Jenis Split

No ratings yet.

Cara memilih AC untuk kamar kost jenis split biasanya sangat membingungkan. Hal ini karena ukuran kamar kost biasanya kecil dan penuh dengan berbagai barang. Namun, hal ini tidak menjadikan penggunaan AC untuk kamar kost menjadi berkurang. Cuaca yang semakin panas menjadi salah satu penyebab utama beberapa kamar kost memilih untuk menggunakan AC. Akan tetapi karena ukuran kamar kost yang kecil, pemilihan jenis dan bentuk AC juga harus disesuaikan.

AC jenis split maupun yang portable mungkin bisa menjadi pilihan tepat untuk AC kost. Jika Anda tertarik membeli AC split untuk kost, maka berikut adalah beberapa cara memilih AC untuk kamar kost.

Cara memilih AC untuk kamar kost jenis split

  1. Memeriksa daya listrik

Hal yang menjadi salah satu keraguan untuk menggunakan AC adalah penggunaan dayanya. Oleh karena itu sebelum Anda memutuskan untuk membeli AC kost, ada baiknya jika melihat seberapa banyak daya pada rumah kost tersebut.

Jika berkisar 450 watt atau 900 watt, maka AC dengan teknologi inverter dan juga low watt akan sangat disarankan. Hal ini karena AC low watt tetap memungkinkan Anda untuk menggunakan AC dengan beberapa alat elektronik lain yang digunakan bersamaan, misalnya rice cooker, setrika atau televisi. Merek AC untuk kamar kost dengan teknologi low watt juga sudah banyak tersedia di pasaran.

  1. Menyesuaikan dengan ukuran kamar

Kamar kost dengan ukuran 2 x 3 meter, 3 x 3 meter, atau yang paling besar adalah 3 x 4 meter akan lebih cocok jika memasang AC dengan kemampuan 500 Btu atau AC 0.5 PK, baik dihuni satu atau dua orang. Namun bila penghuni kamar kost tersebut lebih dari dua orang maka juga membutuhkan AC dengan kapasitas yang lebih besar juga. Seperti AC kapasitas 3/4 PK pada ukuran kamar 3 x 4 meter dengan jumlah penghuni 3-4 orang. Selain itu, AC inverter juga bisa menjadi salah satu pilihan AC yang cocok untuk kamar kost.

  1. Pertimbangkan budget

Salah satu tips membeli AC split untuk kamar kost yang utama adalah keuangan. Meskipun ukuran AC-nya kecil, bukan berarti harganya juga murah. Apalagi jika menggunakan AC dengan teknologi terbaru seperti AC inverter dan AC low watt. Oleh karena itu, Anda juga perlu mempertimbangkan budget yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan AC tersebut.

Demikian adalah cara memilih AC untuk kamar kost yang berjenis split yang bisa Anda lakukan. Menggunakan AC untuk kamar kost memang menjadi pilihan masing-masing orang. Namun, akan lebih baik jika memperhatikan cara pemilihannya juga agar nantinya tidak menimbulkan masalah dan sesuai dengan budget yang dikeluarkan.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian