3 Cara Menjaga Kinerja Ducting AC Tetap Bagus

No ratings yet.

Penggunaan ducting AC tidak bisa dihindari saat Anda memutuskan untuk menginstalasi AC central. Ducting umumnya dipasang di area tersembunyi sehingga tidak bisa dideteksi dengan cepat permasalahannya. Ducting yang bermasalah mengurangi efektivitas operasional peralatan penyejuk udara serta meningkatkan pemakaian energi listrik.

Cara menjaga kinerja Ducting AC agar tetap bagus

Masalah yang terjadi pada ducting sangat bervariasi. Kinerja perangkat yang kurang optimal dapat mempengaruhi proses pendinginan udara. Tidak hanya membuat udara yang berhembus kurang dingin, masalah saluran udara juga mempengaruhi kualitas udaranya.

Selain memperhatikan kualitas ducting sebelum membeli perangkat tersebut dan menginstalasinya. Inspeksi teknik penataan udara adalah hal utama yang harus dilaksanakan.  Jika pra pemasangannya saja sudah keliru, alhasil ducting yang dipasang tidak akan bekerja secara maksimal.

Berikut ini beberapa hal yang wajib Anda pertimbangkan sebelum maupun setelah memasang ducting:

  1. Waspada kebocoran udara ducting

Pada proses instalasinya, ducting dipasang dan disegel sedemikian rupa. Proses instalasi pun dilaksanakan di bawah pengawasan profesional. Meski demikian, bukan berarti kebocoran udara mustahil terjadi. Menghindari kondisi tersebut, baiknya Anda tempatkan dan install ducting di tempat yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Kebocoran udara mengakibatkan pembuangan energi sekaligus menciptakan polutan (udara kotor). Polutan yang semestinya tidak dihirup dalam jangka pendek atau panjang karena bisa menyebabkan sistem pernapasan terganggu. Kebocoran udara juga mengakibatkan ruangan tidak bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

  1. Jaga kebersihan saluran udara

Ducting yang diinstal untuk AC chiller juga harus dioptimalkan kinerjanya. Solusi termudahnya dengan menjaga kebersihan saluran udara. Apalagi saluran udara terkoneksi dengan seluruh ruangan di dalam gedung bangunan. Bukan hanya terhubung dengan satu ruangan saja.

Saluran udara yang kotor tidak hanya meninggalkan debu tapi juga mengakibatkan munculnya jamur. Kondisi bisa semakin parah jika saluran udara yang Anda gunakan dibuat dari fiberglass. Material berpori yang terserang jamur tidak bisa dibersihkan melainkan harus diganti dengan yang baru.

Membiarkan jamur berkembang biak di dalam ruangan berisiko tinggi mengakibatkan iritasi pada kulit maupun pernapasan karena udara yang lembab dan kotor. Sebelum mengeluarkan banyak biaya untuk pengobatan, lakukan tindakan preventif dengan menjaga ducting.

  1. Pengaruh desain ventilasi pada kinerja ducting

Optimal atau tidaknya kinerja ducting pada AC water chiller juga bisa dipengaruhi oleh penataan ruangan. Desain ventilasi ducting yang dipasang di gedung perkantoran dan gedung lainnya wajib memenuhi standar desain secara nasional maupun internasional.

Beberapa langkah yang bisa Anda ambil misalnya dengan memanfaatkan ERV. ERV merupakan sistem pertukaran kalor pada ventilasi. ERV memungkinkan terjadinya pembuangan dan penerimaan udara dengan lancar dan optimal. Menggunakan perangkat ini dinilai lebih efektif untuk memenuhi kebutuhan pendinginan dalam suatu ruangan.

Demikianlah informasi seputar ducting dan apa saja pengaruhnya terhadap kualitas penyejuk udara. Pilih dan install perangkat ducting AC dengan benar agar bekerja secara optimal.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian