3 Ciri AC Suspended Daikin Inverter Kekurangan Freon

No ratings yet.

Freon suatu komponen penting bagi AC misalnya pada AC suspended Daikin Inverter sehingga jika kekurangan Freon, suhu yang dihasilkan tidak dingin lagi. Namun hal ini tidak menjadi patokan utama. Cara untuk mengetahui langsung apakah Freon AC berkurang atau tidak ialah dengan memeriksa manifold gauge secara langsung. Tentunya harus dibekali pengetahuan ciri AC jika Freon berkurang seperti berikut ini.

Ketahui 3 ciri AC suspended Daikin Inverter kekurangan freon

  1. Tidak dingin atau kurang dingin

Freon ialah bahan yang dimanfaatkan untuk mendinginkan udara pada sebuah AC, sehingga jika kekurangan Freon maka suhu ruangan pun kurang dingin atau bahkan sama sekali tidak dingin. Untuk mengatasi hal ini tekanan Freon memiliki takaran sendiri yang dipengaruhi oleh tipe Freon yang dipilih serta besar kapasitasnya. Tekanan Freon bisa diketahui dengan tanyakan langsung di toko AC. Misalnya Freon R-32 lebih tinggi tekanan Freonnya  daripada tekanan pada tipe Freon R-22.

  1. Pipa instalasi muncul bunga es

Jika kekurangan Freon maka ciri selanjutnya yang bisa dilihat ialah muncul bunga es di pipa instalasi AC baik itu pipa kecil ataupun pipa besar. Selain itu, bunga es ikut muncul di bagian evaporator indoor AC. Tetapi tidak bisa menjadi penyebab utama Freon berkurang. Karena jika kipas berputar lambat secara rutin juga bisa menimbulkan bunga es di evaporator. Sehingga sangat penting lakukan pengecekan secara rutin dan bisa meminta bantuan kontraktor AC.

  1. Tidak ada suhu panas di bagian outdoor

Unit outdoor AC yang terasa panas ialah hal yang normal sehingga jika bagian outdoor-nya tidak mengeluarkan panas berarti ada masalah yang harus diatasi. Penyebab sama sekali tidak mengeluarkan panas ialah kemungkinan kekurangan Freon  pada AC sehingga  udara dingin pun tak dihasilkan.

Jika hal seperti ini dibiarkan lama kelamaan kompresor pun ikut rusak karena oli pelumas akan naik kemudian bersirkulasi di pipa instalasi sehingga AC akhirnya overheat. Jadi jika dirasa tekanan Freon berkurang langsung atasi jangan dibiarkan terlalu lama karena dapat memicu masalah lainnya.

Cara mengatasi AC kekurangan freon

Mengenai cara atasinya bisa menghubungi distributor AC atau memanggil teknisi yang profesional dan sudah berpengalaman mengatasi masalah AC karena kekurangan Freon. Daripada melakukan pengecekan sendiri dan tidak tahu cara mengatasinya lebih baik meminta bantuan teknisi. Karena pihak teknisi sudah memiliki peralatan yang memadai sehingga semuanya bisa di atasi dengan mudah. Jadi para pengguna perlu siapkan biaya untuk diberikan kepada teknisi tersebut.

Itulah 3 ciri jika AC suspended Daikin inverter kekurangan Freon. Setelah membaca artikel ini jika dirasa ada yang salah dengan AC di rumah, coba lakukan pengecekan. Jika tekanan freonnya berkurang langsung hubungi teknisi, jangan biarkan terlalu lama seperti itu. Semoga bermanfaat.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian