3 Kelebihan AC Cassette yang Bisa Jadi Pertimbangan Memilih

No ratings yet.

Kekurangan dan kelebihan AC cassette menjadi perhatian utama konsumen ketika bermaksud membeli produk tersebut. Artinya, jika kelebihan yang dimiliki AC cassette lebih sedikit konsumen cenderung mengurungkan niat untuk membeli produknya. Sementara jika AC lebih berkualitas dan memiliki sedikit kekurangan, konsumen tidak akan berpikir 2x untuk membeli unitnya.

3 Kelebihan AC Cassette

  1. Mampu mengeluarkan udara sejuk secara optimal

Air Conditioner berfungsi untuk mengubah ruangan yang panas menjadi lebih sejuk. AC yang tidak mampu melakukan tugas utamanya dengan baik, artinya tidak cukup layak untuk dibeli. Anda yang berencana membeli AC cassette tidak perlu khawatir, karena AC ini mampu mendinginkan udara dengan baik dan cepat. Distribusi udara yang dikelola oleh sistem AC cassette bekerja dengan baik karena AC sengaja dipasang di tengah ruangan.

  1. Tidak membutuhkan banyak ruang untuk instalasi

Sering melihat contoh instalasi AC di langit-langit? AC cassette termasuk jenis yang sama. AC ini tidak memerlukan banyak ruangan sebagaimana AC standing karena diinstal di langit-langit ruangan. Penggunaan AC cassette juga tidak mengganggu desain interior ruangan.

  1. Hemat Listrik

Yang paling menguntungkan dari membeli AC cassette adalah mendapatkan AC yang super ekonomis. AC ini tidak membuat tagihan listrik menjadi boros karena bekerja sesuai kebutuhan. Itulah mengapa AC cassette banyak disukai oleh pengelola gedung perkantoran.

3 Kekurangan AC Cassette

  1. Memerlukan pipa panjang

AC cassette mungkin memiliki banyak kelebihan, tapi tidak berarti sempurna. Kekurangan yang paling mencolok adalah kebutuhan pipa panjang yang tidak bisa dihindari. Pipa ini akan dipasang di langit-langit tepat di mana AC di-instal yakni di bagian center ruangan. Sedangkan kompresor AC sengaja ditempatkan di outdoor. Bisa Anda bayangkan, sepanjang apa pipa yang dibutuhkan untuk menghubungkan kedua ruangan tersebut?

  1. Tidak semua ruangan cocok dengan AC Cassette

Cara memilih AC cassette yang tepat tidak lain dengan memperhatikan desain ruangan. Meski bisa dipasang di langit-langit, sayangnya tidak semua langit-langit cocok sebagai tempat pemasangan AC. Contohnya langit-langit yang dibuat dari semen. Akan sulit bagi teknisi untuk memasang AC cassette di ruangan tersebut. Idealnya, AC cassette itu dipasang di atas langit-langit yang dibuat dari asbes atau tripleks.

  1. Proses instalasi cukup rumit

Proses instalasi di langit-langit memang menciptakan efisiensi karena AC tidak membutuhkan ruang. Namun, teknik pemasangan AC cassette tidak dikuasai oleh semua orang. Dibutuhkan bantuan teknisi ahli untuk memasang jenis AC ini dan prosesnya pun memakan banyak waktu karena cukup rumit.

Membahas kekurangan dan kelebihan AC cassette memang sangat menyenangkan apalagi jika Anda tertarik untuk membeli unit tersebut dalam waktu dekat. Bila dibandingkan dengan AC lainnya, AC cassette paling sesuai dipasang di gedung perkantoran sehingga tidak mengganggu desain interior dan membuat ruang gerak karyawan terbatas.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian