4 Cara Cerdas Merawat AC Floor Standing Daikin Inverter

5/5 (1)

Apakah Anda pemilik tipe AC floor standing Daikin inverter namun bingung bagaimana cara merawatnya dengan tepat? AC floor standing ini merupakan AC yang memiliki beberapa kelebihan yaitu kemudahan pemasangan dan juga penghematan energi yang dikeluarkan. Kesalahan merawat AC bisa menyebabkan kerusakan pada mesin sehingga harus paham bagaimana cara merawatnya dengan benar. Berikut beberapa cara cerdas merawat AC floor standing.

Cara Cerdas Merawat AC Floor Standing Daikin Inverter

  1. Atur suhu AC secara berkala

Sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam penggunaan suhu AC ini. Namun pengaturan yang asal-asalan ternyata bisa merusak freon yang ada di dalam mesin AC. Umumnya suhu yang diatur berkisar antar 23 sampai 25 derajat Celsius. Hal tersebut perlu dilakukan agar komponen AC lebih terjaga dengan dan juga meningkatkan efisiensinya. Jika salah satu komponen yang ada di dalam AC rusak maka perlu adanya penggantian dengan membeli komponen tersebut di toko AC terdekat.

  1. Selalu cek keadaan sumber listrik

AC merupakan alat elektronik yang membutuhkan sumber tenaga listrik yang lumayan besar. Sumber listrik yang berada dalam kondisi stabil tentu akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dari AC di rumah Anda. Jika dirasa sumber listrik sedang tidak stabil namun tetap ingin menggunakan AC maka cabut beberapa barang elektronik lainnya untuk menghindari konslet dan kerusakan pada AC. Anda harus membeli onderdil AC baru di distributor AC jika hal tersebut terjadi.

  1. Rajin service AC

Waktu paling dianjurkan untuk service AC adalah minimal 3 bulan sekali. Hal ini karena waktu ini cukup panjang untuk menampung beberapa kotoran dan debu yang mengendap dan menutupi lubang udara pada AC. Kotoran dan debu yang menumpuk bisa mengakibatkan udara yang harusnya keluar dari AC menjadi tersumbat dan AC menjadi tidak dingin lagi. Beberapa kontraktor AC melakukan service serentak pada AC yang dimilikinya untuk meminimalisir kerugian karena kerusakan AC mereka.

  1. Penggunaan AC yang benar

Ternyata penggunaan AC yang efisien sesuai kebutuhan dan mematikannya ketika tidak digunakan bisa membuatnya lebih awet dingin. Penggunaan yang terus menerus akan membuat mesin AC panas dan kehilangan performanya dalam mendinginkan ruangan.

Jadilah pemilik AC yang bijak dengan mengatur sendiri waktu yang Anda perlukan dalam menyalakan AC dan rajinlah untuk mematikannya. Hal lain yang bisa dilakukan adalah menutup ruangan, beberapa jendela dan ventilasi agar udara dingin dalam AC benar-benar menyebar di dalam ruangan.

Itulah beberapa cara cerdas merawat AC Floor Standing Daikin Inverter yang wajib Anda tahu khususnya bagi para penghuni rumah maupun kantor. Dengan demikian AC juga jadi lebih awet dan tidak keluar masuk service.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian