4 Perbedaan Pendingin Udara vs AC Inverter Panasonic

No ratings yet.

Berbagai macam jenis AC seolah tidak pernah berkembang dan semakin banyak beredar di pasaran. Hal ini tentunya semakin membingungkan bagi para pengguna AC baru yang ingin membeli sebuah AC. Untuk itu penting mengetahui apa yang membedakan antara pendingin udara vs AC inverter Panasonic agar tidak salah dalam membeli.

Mengenal perbedaan pendingin udara vs AC inverter Panasonic:

  1. Energi yang Dibutuhkan

Yang membedakan pertama kali antara air cooler vs air conditioner adalah energi yang dibutuhkan dari keduanya. Pendingin udara lebih ramah lingkungan dan cenderung sedikit menyerap kebutuhan listrik untuk energinya dibandingkan dengan AC standar yang ada di pasaran. Sayangnya pendingin udara tidak bisa digunakan dalam kondisi ruangan yang lembap.

Sementara untuk AC Inverter berdasarkan energi yang dibutuhkannya, AC ini cenderung hampir sama dengan pendingin udara. Dilengkapi dengan kemampuan penghematan listrik yang lebih baik sehingga penggunaan energinya bisa ditekan. Yang menjadi nilai plus adalah AC Inverter mampu bertahan dalam kondisi lembap dan cenderung bisa menyesuaikan dengan iklim yang sedang berlangsung.

  1. Kontrol Udara

Pendingin udara hanya bertugas sebagai pereda suhu panas yang ada di dalam ruangan berapa pun panas yang ada di dalamnya, tanpa adanya kontrol terhadap udara di dalamnya. Pendingin udara tidak mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur yang mungkin terjadi dan terbawa oleh udara yang dihasilkan. Sehingga udara yang dihasilkan tidak benar-benar sehat.

Sementara itu merek AC Panasonic inverter memiliki teknologi yang canggih dalam penyaringan kualitas udara. Memiliki sensor yang mampu menyaring udara yang baik dan yang kotor. Sehingga ruangan akan terasa lebih segar dan sehat saat ditinggali. Hal ini tentunya juga akan menunjang kesehatan dari penghuni rumah tersebut.

  1. Jejak Karbon

Pendingin udara biasa menggunakan karbon yang besar dan berisiko untuk keselamatan lingkungan terutama dalam pengikisan lapisan ozon. Hal ini tentunya sangat berbahaya jika terus menerus digunakan dan membuat udara bumi semakin panas. Lingkungan menjadi lebih berdebu dan dingin yang tidak sehat.

Sementara untuk AC Inverter memiliki karbon yang lebih kecil dan ramah lingkungan sehingga bisa digunakan untuk mengurangi gas emisi akibat pengikisan lapisan ozon yang terjadi. Selain itu teknologi penyaringan debu di dalamnya bisa membuat udara menjadi lebih sehat dan lingkungan lebih terjaga.

  1. Cara Kerja

Pendingin udara bekerja dengan melepaskan udara panas melewati sebuah bantalan yang terendam air. Kemudian akan menguap dan menghasilkan udara dingin. Udara inilah yang akan diedarkan ke seluruh ruangan dan dinikmati oleh penggunanya.

Sementara itu AC bekerja dengan cara mengambil udara bebas hangat yang lembap kemudian menggantinya dengan udara yang sehat dan kering dengan bantuan zat yang ada di dalam AC secara kimia.

Itulah  beberapa perbedaan antara pendingin udara vs AC inverter Panasonic. Dimana pengguna bisa membandingkan kelebihan dan kekurangannya sebelum memutuskan untuk membeli.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian