5 Cara Gunakan AC Split Daikin Inverter Agar Maksimal Hemat Listrik

No ratings yet.

AC split daikin inverter kini dilengkapi dengan teknologi hemat listrik. Tapi jika tidak tahu bagaimana cara yang benar menggunakan fitur hemat listrik, maka tak bisa memberikan manfaat maksimal. Jadi, agar lebih paham dalam pemakaian fitur tersebut, maka berikut 5 cara gunakan yang benar.

Cara gunakan AC split Daikin inverter agar maksimal hemat listrik

  1. Rutin melakukan perawatan

Semua barang elektronik perlu dirawat dengan baik, dijaga kebersihannya begitu juga dengan pendingin udara, bisa memanggil kontraktor AC jika tak bisa membersihkan sendiri. Jika filter AC tak pernah dibersihkan dan kotoran sudah menumpuk, maka untuk menghasilkan udara dingin AC akan bekerja lebih keras yang nantinya berpengaruh pada tingginya penggunaan listrik. Selain itu, AC yang kotor tidak mampu menyaring udara dengan baik sehingga tak baik untuk kesehatan.

  1. Pengaturan suhu

Selain untuk memperoleh suhu atau udara dingin, tujuan penggunaan AC juga agar lebih hemat listrik. Masalahnya, dengan menyetel suhu di bawah angka paling rendah  memang sesuai yang diinginkan, tetapi ini pun bisa jadi boros penggunaan listrik. Jika diatur pada suhu paling rendah bahkan di bawah itu lagi, maka AC akan berproses lebih keras untuk mendapatkan suhu yang diinginkan. Jadi, sebaiknya atur suhu jangan terlalu rendah.

  1. Jangan sering buka tutup ruangan

Suhu ruangan memang bisa diatur dengan remote control, tetapi jika pintu atau jendela sering dibuka dan ditutup kembali maka suhu ruangan pun akan berubah-ubah. Begitu juga jika dipakai AC tipe standar maka kompresor pun akan hidup mati, dan ini juga berpengaruh pada meningkatnya daya tarik listrik AC. Pengaturan suhu juga bisa ditanyakan kepada distributor AC jika tak paham.

  1. Antara AC Low Watt dan AC inverter

AC watt rendah cocok digunakan untuk bangunan yang berdaya listrik rendah yang juga hampir sama dengan AC standar. AC tipe low watt didesain lebih kecil penggunaan daya kompresor sehingga listrik lebih hemat. Sehingga jika ingin hemat pengeluaran listrik bisa menggunakan AC low watt. Sedangkan AC inverter cocok digunakan bagi pengguna yang ingin ruangan dingin lebih lama. Tetapi AC inverter umumnya banyak memakan listrik.

Namun AC inveter setelah suhu yang diinginkan sesuai, maka selanjutnya setelah titik stabil AC inverter akan memakan watt rendah. Jika ruangan sudah dingin, maka penggunaan watt menjadi rendah. Kompresor pada AC inverter pun tidak sering hidup mati, jika sering hidup mati maka akan lebih tinggi tarikan listrik. Jika ada hal yang tidak dipahami tentang bagian AC, bisa ditanyakan di toko AC.

  1. Tambahkan penggunaan kipas angin

Perlu diketahui bahwa AC bekerja dengan prinsip pengaturan suhu sesuai dengan yang diinginkan serta diatur dalam jarak jauh. AC dalam prinsipnya berusaha menyeimbangkan suhu hingga ke semua sudut ruangan. Jika suhu sudah stabil, maka penggunaan listrik menjadi rendah. Agar bisa menyebar ke segala sudut ruangan lebih cepat, sebaiknya gunakan kipas angin. Sehingga udara dingin bisa lebih cepat menyebar ke sudut ruangan.

Itulah 5 cara agar manfaat AC split Daikin inverter hemat listrik bisa didapatkan secara maksimal, selamat mencoba.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian