5 Cara Merawat AC Split Daikin Inverter Saat Musim Hujan

No ratings yet.

AC Split Daikin Inverter tidak jauh berbeda dari produk elektronik lainnya yang bisa kapan saja konslet jika ada komponen yang terkena air hujan. Sebagai konsumen yang cerdas, sudah jadi tugas kita untuk selalu memperhatikan kondisi barang pribadi termasuk AC inverter. Karena jika sudah konslet, AC bisa menimbulkan bahaya bahkan melukai penggunanya.

AC memang identik dengan musim panas, namun beberapa orang terkadang masih menyalakan AC di musim hujan. Supaya AC tetap bekerja secara optimal di musim hujan hendaknya biasakan untuk merawat AC secara teratur setiap bulannya. Perawatan mandiri tentunya jauh lebih mudah dan murah.

Cara merawat AC split Daikin inverter saat musim hujan

Meskipun banyak pengguna AC yang tetap menyalakan AC di musim hujan, tapi tidak sedikit pula orang yang memilih untuk menonaktifkan AC selama musim hujan. Akibatnya, AC menjadi kotor karena jarang dibersihkan. Untuk menjaga performa AC tetap optimal, lakukan perawatan AC berikut ini:

  1. Bersihkan Evaporator

Yang dimaksud dengan evaporator yakni komponen AC yang bertanggung jawab untuk mengalirkan dan menyerap panas untuk selanjutnya ditransfer ke refrigeran. Bila evaporator dibiarkan kotor terus menerus, maka AC tidak bisa mengeluarkan udara dingin dengan baik. Penting sekali memastikan transfer dan pertukaran udara panas ke dingin berjalan dengan lancar.

  1. Rawat Evaporator Unit Outdoor

Selain bagian indoor, evaporator pada AC juga terdapat di bagian luar. Tugas utama dari evaporator ini yaitu mengeluarkan udara panas dengan cara memompa gas Freon. Saat musim hujan, kepadatan kotoran di unit outdoor jauh lebih pekat. Sebelum mengunjungi kantor kontraktor AC untuk servis AC, pastikan lebih dahulu jika kerusakan AC tidak disebabkan oleh evaporator outdoor yang kotor.

  1. Bersihkan Filter Udara

Selain membersihkan kedua komponen tersebut, kita juga dianjurkan untuk membersihkan filter udara secara berkala. Dengan menjaga kebersihan filter udara secara tidak langsung kita telah menjaga udara dari kotoran, bakteri dan debu. Sehingga udara yang dihirup oleh paru-paru adalah udara sejuk yang bersih.

  1. Nonaktifkan AC Jika Tidak Digunakan

Membeli AC baru di toko AC merupakan kebahagiaan bagi beberapa orang. Supaya AC tetap awet dan tidak rusak di musim hujan usahakan untuk mematikan AC ketika tidak membutuhkannya. Cara ini juga efektif untuk menekan pengeluaran akibat tagihan listrik yang membengkak.

  1. Perawatan Berkala

Selain menawarkan garansi resmi, pihak distributor AC umumnya turut menawarkan perawatan AC berkala. Mereka bekerja sama dengan beberapa pihak untuk memfasilitasi hal ini. Perawatan AC secara berkala merupakan aktivitas penting yang tidak boleh dilewatkan. Setidaknya ketika sibuk bekerja, lakukan service di akhir pekan baik secara mandiri maupun dengan jasa teknisi.

Menggunakan AC Split Daikin Inverter merupakan cara terbaik untuk mendapatkan udara dingin alami dan berkualitas dengan mudah. Supaya produk ini tetap awet termasuk di musim hujan, jangan lupa aplikasikan semua tips di atas.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian