5 Penyebab AC Split Panasonic Inverter Tidak Dingin Lagi

No ratings yet.

AC Split Panasonic Inverter memiliki kemampuan yang maksimal untuk mendinginkan udara. Sayangnya, dalam beberapa kondisi beberapa konsumen kerap kali mengalami kondisi tidak menyenangkan di mana hembusan AC kurang maksimal. Akibatnya, butuh waktu yang lebih lama untuk ruangan terasa dingin.

Teknisnya, kondisi ini disebabkan karena penggumpalan es yang terjadi di indoor evaporator. Selain karena evaporator, ada beberapa kondisi lain yang menyebabkan hembusan AC kurang kencang. Yang umumnya tidak dipahami oleh pengguna AC inverter Panasonic.

5 Hal yang menyebabkan AC split Panasonic inverter tidak dingin

Percuma bukan jika beli AC mahal tapi tidak bisa digunakan secara optimal. Untuk mengatasi hembusan AC kurang kencang pada AC inverter Panasonic simak dengan baik penyebabnya di bawah ini:

  1. Speed Kipas AC diatur terlalu rendah

Speed kipas AC yang diatur terlalu pelan tidak akan mampu menghembuskan udara dingin secara optimal akibatnya ruangan tidak bisa dingin dengan cepat. Sebelum memanggil jasa kontraktor AC ke rumah atau kantor untuk memperbaiki AC. Pastikan pengaturan speed kipas AC dipasang dengan posisi yang tepat.

  1. Evaporator Indoor Tidak Dibersihkan

Faktanya tidak semua konsumen mengetahui pentingnya membersihkan bagian dalam dan luar AC terutama evaporator. Akibatnya, AC yang mereka nyalakan tidak mampu mendinginkan ruangan dengan baik. Evaporator indoor yang terlalu kotor nyatanya mampu mengganggu fungsi dan kinerja AC.

Untuk mengatasi masalah ini, staf teknisi dari toko AC umumnya akan membersihkan atau melakukan servis secara besar-besaran pada seluruh komponen AC. Agar kondisi ini tidak terjadi lagi di minggu depan atau bulan depan, usahakan untuk membersihkan AC secara rutin.

  1. Motor Dinamo Terlalu Lemah

Ketika evaporator dalam kondisi bagus, mungkin saja penyebab AC tidak dingin adalah kondisi motor dinamo yang terlalu lemah. Saat motor dinamo tidak dapat bekerja dengan semestinya maka secara otomatis udara yang dikeluarkan pun tidak optimal. Solusi utama yang dianjurkan pihak distributor AC adalah mengganti dinamo. Karena proses mengulang-ulang dinamo tidak mampu mengatasi masalah ini secara maksimal.

  1. Baling-baling Kipas Tidak Dibersihkan

Komponen AC lain yang tidak boleh dibiarkan dalam kondisi kotor adalah baling-baling kipas. Karena jika komponen tersebut kotor atau rusak maka otomatis AC tidak akan mengeluarkan udara dingin dengan baik. Akibatnya, kita hanya akan menerima hembusan angin yang kecil.

  1. Kapasitor Fan Terlalu Lemah

Selain bagian dinamo, kapasitor fan yang terlalu lemah turut mempengaruhi hembusan AC inverter Panasonic. Jika kondisi kapasitor fan sudah terlalu aus atau bahkan rusak, akan lebih baik untuk menggantinya dengan yang baru.

Demikianlah lima penyebab AC Split Panasonic Inverter tidak mampu bekerja mendinginkan udara secara optimal. Sebagai pengguna AC sejati, sudah sewajarnya jika kita memahami kelima penyebab tersebut sehingga AC bisa segera diperbaiki.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian