5 Penyebab AC Suspended Inverter Tidak Dingin Setelah Dipindah

No ratings yet.

Ada beberapa permasalahan yang didapatkan konsumen setelah ac suspended inverter dilakukan pemindahan ataupun digeser. Salah satunya AC tersebut tak lagi dingin  seperti awal mula sebelum dilakukan pemindahan.

5 Penyebab AC Suspended Inverter Tidak Dingin Setelah Dipindah/Digeser

Mengenai dingin atau tidaknya AC setelah dipindah bisa dipengaruhi oleh faktor internal yaitu kondisi AC sendiri. Atau bisa juga ada kesalahan teknik saat bongkar dan pembersihannya. Nah, untuk lebih jelasnya bacalah penjelasan berikut.

  1. Faktor usia

Alasan pertama mengapa AC setelah dipindah atau digeser intensitas dinginnya berkurang karena faktor usia. Jika AC tersebut sudah tua atau sudah digunakan lebih dari 5 tahun, memang sebaiknya diganti dengan yang baru saja, jangan dipindah ataupun digeser. Sebab bisa saja beberapa mesin di dalamnya tak berfungsi sebagus awal pertama pembelian di toko AC. Kemudian dilakukan pemindahan jika ada guncangan berpeluang kerusakan bagiannya bertambah.

  1. Kondisi yang kurang bagus

Jika dilihat dari luarnya saja, AC tersebut sudah tak beroperasi dengan normal. Maka setelah dipindahkan kondisinya bisa tetap tidak normal atau malah lebih parah dan mustahil yang rusak setelah dipindahkan tiba-tiba berubah menjadi kondisi baik. Jadi, sebelum dilakukan pemindahan dicek dulu AC baik secara fisik maupun bagian dalamnya. Bagian pipa dan kipas angin AC apakah masih bekerja dengan baik atau tidak. Jika ada bagian yang tidak beroperasi dengan baik lagi tentu AC tidak dingin lagi setelah dilakukan pemindahan. Saat melakukan pemindahan atau pemasangan juga bisa menghubungi kontraktor AC.

  1. Tidak menutup katup Freon

Jika ingin memindahkan AC jangan lupa menutup katup Freon. Jika memang kondisi AC masih bagus dan katup Freon ditutup saat memindahkan AC tentu tak ada yang bermasalah dengan AC tersebut.

  1. Tidak membersihkan AC

Sebelum AC dipindahkan sebaiknya dibersihkan dulu baik dengan cara dicuci ataupun diservice. Nah, jika kondisi AC masih kotor sebelum dipindahkan dan setelah dipindahkan juga masih kotor, tentu  AC tersebut tak bisa berfungsi dengan semestinya. Jika mesinnya kotor akan berpengaruh pada proses pendinginan udara yang dihasilkan. Mengenai cara pembersihannya mungkin juga bisa ditanyakan kepada distributor AC.

  1. Ada guncangan kuat

Kesalahan dalam pemindahan AC yang bisa membuat AC tak sedingin sebelumnya ialah adanya guncangan kuat saat dipindahkan. Makanya pindahkan dengan hati-hati bahkan berbagai perangkat elektronik pun selalu jika dipindahkan, digeser maupun dibersihkan dengan hati-hati. Begitu juga dengan AC apalagi jika harganya tinggi tentu harus lebih berhati-hati. Nah, jika AC tidak dingin lagi setelah dipindahkan perhatikan apakah ada kesalahan yang dilakukan saat proses pemindahan dan pemasangannya.

Itulah alasan atau penyebab AC suspended inverter tak dingin lagi setelah dipindah atau digeser. Karena itulah hindari kesalahan tersebut jika ingin AC Anda tetap dingin setelah dipindah.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian