5 Tips Pasang AC Split Sesuai Ruangan Rumah Anda

No ratings yet.

Banyak pengguna AC yang tidak mengerti bagaimana tips pasang AC split sesuai ruangan rumah. Padahal hal ini sangat penting untuk tingkat keawetan AC serta maksimalnya kinerja yang diberikan oleh AC. Selain itu pemasangan yang tidak tepat juga bisa mengakibatkan AC cenderung lebih cepat panas dan tidak stabil suhunya.

Mengenal tips pasang AC split sesuai ruangan rumah

  1. Ruang Keluarga

Cara pasang AC yang benar untuk ruangan keluarga adalah memastikan AC tersebut telah terpasang ditengah-tengah ruangan. Untuk itu hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari letak pas bagian tengah-tengah dari ruang keluarga tersebut, biasanya tepat berada di atas meja keluarga.

Sementara untuk PK yang disarankan adalah 1 sampai dengan 2 saja. Selain itu untuk pengaturan suhu disiang dan malam hari tidak boleh disamakan. Untuk diang hari suhu 22°C—23°C sudah cukup dan untuk malam hari sekitar 24°C—26°C karena malam cenderung lebih dingin.

  1. Kamar Tidur Anak

Cara pasang AC rumah baru yang tepat adalah dengan memperhatikan pemasangan yang ada di setiap ruangannya. Salah satu pemasangan yang krusial adalah di ruangan kamar tidur anak. Anak-anak cenderung lebih cepat gerah sehingga membutuhkan suhu kamar yang lebih dingin agar nyaman digunakan sebagai tempat istirahat sampai bermain.

AC yang cocok dipilih adalah AC Split bersensor untuk mendeteksi setiap gerak sang anak. Untuk PK cukup menggunakan setengah atau tiga perempat PK saja. Sementara untuk suhunya antara 25°C—26°C.

  1. Ruang Tamu

Meskipun jarang dihuni dan digunakan saat ada tamu saja, pemasangan AC di ruangan ini juga sangat penting untuk diperhatikan. AC yang harus berada di sini adalah jenis AC yang mampu menjangkau banyak orang dan ruangan yang cukup besar agar dinginnya lebih menyeluruh.

Untuk peletakannya lebih baik diletakkan pada plafon atau tempat yang memiliki 4 arah mata angin sehingga semua sudut bisa dijangkau. Untuk suhu yang diperlukan hanya sekitar 24°C. Sementara untuk PK yang digunakan cukup kisaran setengah sampai dengan 1 PK saja.

  1. Kamar Tidur Utama

Pemasangan krusial selanjutnya adalah pada kamar utama, atau kamar dengan ruangan yang cukup besar. Diperlukan AC split dengan desain yang ramping agar tidak memenuhi dinding ruangan. Suhu yang diperlukan untuk kamar utama ini adalah 23°C—24°C. Sementara untuk PK antara tiga perempat sampai dengan dua PK tergantung seberapa besar ruangan kamarnya.

  1. Dapur

Untuk dapur AC yang digunakan harus bisa mendinginkan dengan maksimal. Hal ini dikarenakan dapur cenderung lebih panas. PK yang dibutuhkan setengah sampai dengan satu PK sementara suhu yang dibutuhkan sama dengan ruang tamu yaitu 24°C.

Itulah tips pasang AC split sesuai ruangan rumah agar dingin dari AC lebih maksimal dirasakan.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian