6 Cara Merawat AC Portable Agar Tetap Awet

No ratings yet.

Cara merawat AC portable terkadang memang gampang-gampang susah. Hal ini juga karena AC portable memiliki perangkat yang berbeda dengan AC pada umumnya. AC portable kini sudah mulai banyak digunakan. Selain karena lebih praktis, pemasangan dan perawatannya pun bisa lebih mudah jika dibandingkan dengan AC pada umumnya.

AC portable ini ukurannya memang agak lebih besar dibandingkan dengan AC pada umumnya. Penggunaannya pun biasanya di hotel, acara ulang tahun, acara kantor ataupun yang lainnya. Hal ini dikarenakan AC portable lebih mudah dipindahkan karena cara kerjanya melalui kabel yang ditancapkan pada stop kontak.

Kalau Anda menggunakan AC portable di rumah, maka berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan AC portable dengan benar.

Cara merawat AC portable yang tepat

Perawatan AC portable jelas berbeda dengan AC pada umumnya. Namun, pada dasarnya tujuannya tetap sama yakni untuk membuatnya tetap bersih dan juga tetap berfungsi dengan baik. Hal ini karena jika AC tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik dan secara berkala bisa saja fungsi AC sebagai pendingin ruangan juga akan berkurang bahkan rusak:

  1. Cara membersihkan AC yang pertama adalah dengan mencabut kabel listrik dari stop kontaknya terlebih dahulu, jadi AC dalam kondisi mati. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersetrum atau korslet.
  2. Selanjutnya, saat Anda ingin membersihkan badan AC, gunakan lap dengan tekstur yang cukup halus agar tidak menggores permukaan AC. Gunakan lap yang sudah diberi sedikit air sampai agak lembap saat membersihkan badan AC.
  3. Setelah itu gunakan lap kain baru yang kering untuk mengeringkannya. Jadi membersihkan badan AC portable sangatlah mudah karena Anda tidak perlu membersihkan semua bagian-bagian dari AC tersebut.
  4. Anda juga perlu membersihkan bagian saringan udara di AC portable ini. Hal ini dilakukan agar AC tetap bisa mengeluarkan udara yang dingin. Cara membersihkannya cukup mudah, Anda hanya perlu melepas saringan debu pada AC portable dan gunakan penyedot debu untuk membersihkannya.
  5. Jika filter atau saringan tersebut sangat kotor maka Anda bisa merendamnya pada air hangat dan bilas dengan air bersih beberapa kali.
  6. Setelah bersih, keringkan filter tersebut. Mengeringkannya bisa dengan mengangin-anginkan atau menjemurnya di bawah sinar matahari. Jika dirasa filter sudah kering, Anda bisa memasangnya kembali.

Merawat atau membersihkan AC portable juga harus dilakukan secara konsisten. Tips merawat AC portabel agar tetap berfungsi dengan baik adalah dengan membersihkannya minimal satu bulan sekali, namun juga tergantung penggunaan AC portable tersebut. Semakin sering AC portable digunakan, maka juga harus semakin sering dibersihkan.

Demikian adalah cara merawat AC portable dengan baik dan benar agar AC juga semakin tahan lama. Semoga bermanfaat.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian