6 Komponen – Komponen Penting AC Split yang Perlu Anda Tahu

5/5 (1)

Mengetahui komponen-komponen penting AC split memang bukan tanggung jawab seorang konsumen. Tapi sebagai pembeli yang cerdas, sudah sewajarnya Anda mengetahui sedikit informasi tentang masing-masing komponen. Karena saat AC mengalami kerusakan, bagian yang bermasalah biasanya terdapat pada salah satu komponen tersebut.

Inilah Komponenkomponen penting AC Split

  1. Kipas

Setiap komponen pada AC diciptakan dengan fungsi tersendiri salah satunya kipas yang sengaja dibuat untuk membantu mengoptimalkan kinerja evaporator sekaligus menjaga sirkulasi udara. Menemukan komponen ini tidak sulit karena kipas AC ditempatkan di bagian outdoor.

  1. Pipa Kapiler

Anda yang tidak memahami seluk beluk tentang AC mungkin menganggap pipa kapiler sebagai komponen pendukung AC split. Meski hanya berfungsi sebagai penghubung, kehadiran pipa kapiler sangat dibutuhkan untuk menjadi jembatan penghubung antara bagian bertekanan rendah dan tinggi. Coba Anda bayangkan jika pipa kapiler mengalami kerusakan? Udara sejuk dari AC tidak akan keluar dengan sempurna seperti biasanya.

  1. Ekspansi Valve

Namanya mungkin asing bagi beberapa orang. Ekspansi valve merupakan saluran yang bekerja untuk mengatur banyak sedikitnya freon yang masuk hingga melaju ke evaporator. Tidak sebatas itu, ekspansi valve juga bekerja untuk mengubah freon cair menjadi gas dingin. Tanpa ekspansi valve, AC tidak bisa bekerja secara optimal untuk mendinginkan ruangan.

  1. Evaporator

Komponen AC standing ini punya pekerjaan yang sangat berat. Evaporator menjadi satu-satunya eksekutor yang menyerap udara panas di dalam ruangan agar terserap hingga melintasi pipa kapiler. Ketika udara panas terserap oleh AC, evaporator akan mengelola udara tersebut dan hanya mengeluarkan udara yang sejuk. Ketika evaporator mengalami kerusakan, kemungkinan besar AC tidak mampu menghasilkan udara dingin sebagaimana mestinya.

  1. Kondensor

Jasa kondensor pada proses pendinginan ruangan menggunakan AC sudah tidak diragukan lagi. Komponen ini bekerja sekuat tenaga untuk membuang udara panas sehingga suhu yang dikeluarkan oleh AC adalah udara dingin. Kondensor bekerja berdampingan dengan freon karena freonlah yang membawa hawa dingin pertama kali sebelum dialihkan pada kondensor.

  1. Kompresor

Jika manusia memiliki jantung sebagai pusat kehidupan, maka AC pusat kehidupannya adalah kompresor. Kompresor memiliki cara kerja yang hampir sama seperti jantung yakni memompa udara dingin hingga akhirnya dihembuskan ke dalam ruangan dan dinikmati oleh manusia.

Kompresor yang tidak dirawat dengan baik akan membuat kinerja AC menurun. Agar komponen ini bisa berfungsi dengan baik, jangan lupa untuk memakai oli khusus. Perawatan AC secara teratur menjadi kegiatan penting yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi jika Anda ingin AC di rumah bertahan lama.

Sudah paham tentang komponen-komponen penting AC split? AC tidak bekerja secara ajaib dengan mengubah udara panas menjadi dingin menggunakan sihir. Tapi menggunakan berbagai komponen yang bekerja sama menghasilkan udara sejuk. Jagalah tiap komponen AC agar terhindar dari kerusakan.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian