7 Cara Menghemat Energi pada AC Inverter

No ratings yet.

Beberapa fitur AC seperti tipe AC inverter memiliki kemampuan untuk menghemat energi. Namun nyatanya dengan melakukan beberapa cara pengguna bisa menghemat energi lebih maksimal lagi. Hal ini sangat berguna untuk menghemat pengeluaran dan juga menghemat daya tahan AC. Berikut beberapa cara menghemat energi pada AC di bawah ini.

Cara menghemat energi pada AC termasuk AC inverter

  1. Matikan lampu ruangan

Lampu yang ada pada ruangan bisa membuat suhu menjadi panas. Alhasil AC harus bekerja ekstra dalam mendinginkan ruangan tersebut. Jika dirasa tidak perlu menggunakan lampu maka matikan lampu, atau lakukan kegiatan mematikan lampu ini di malam hari untuk kinerja AC yang lebih baik dan tahan lama.

  1. Tata ruangan Anda sebaik mungkin

Ternyata penataan ruangan yang kurang sesuai bisa membuat kinerja AC menjadi berat. Hal ini dikarenakan beberapa barang dan perabot menutupi udara yang dikeluarkan AC. Sehingga AC harus bekerja dua kali lipat agar bisa menjangkau ruangan yang dihalangi oleh perabot tersebut.

  1. Pasang kipas langit-langit

Beberapa ahli berpendapat bahwa pemasangan kipas di langit-langit ini justru akan memudahkan kerja dari AC. Kipas yang berada di langit-langit bisa meluaskan udara di dalam ruangan dan mencegah udara panas terjebak di langit-langit. Dengan adanya kipas langit-langit tersebut tentunya kinerja AC menjadi terbantu dan ringan.

  1. Buka jendela di malam hari

Ketika malam hari suhu menjadi lebih dingin sehingga bisa dimanfaatkan untuk mendinginkan ruangan dan mengistirahatkan AC sejenak. Buka sedikit gorden atau jendela agar udara segar masuk sejenak ke dalam ruangan. Beberapa distributor AC memberikan saran untuk tidak menggunakan AC di malam hari karena mengganggu kesehatan dan juga menghambat kinerja AC.

  1. Hindari memasang suhu rendah saat malam hari

Malam hari sudah identik dengan dingin, maka dari itu jangan mengatur suhu AC dingin. Gunakan momen ini untuk mengecilkan suhu AC atau mematikannya agar AC beristirahat sejenak. Anda bisa menemukan petunjuk ini di beberapa toko AC untuk keawetan energi bahkan kondisi AC.

  1. Tutup rapat ventilasi

Jangan lupa memastikan semua ventilasi udara sudah tertutup dengan rapat sebelum menyalakan AC. Hal ini disebabkan karena udara yang masuk dari ventilasi akan menghambat udara yang keluar pada AC. Sehingga AC akan bekerja ekstra dan mudah panas bahkan menyerap tenaga yang lebih banyak dari pada biasanya.

  1. Service rutin AC

Ternyata AC yang sering atau rutin diservis membuatnya awet dingin tanpa harus mengotak-atik aturan suhunya. Beberapa kontraktor AC merekomendasikan untuk melakukan servis rutin AC sebanyak 3 bulan sekali untuk hasil yang maksimal. Selain hemat tenaga, keawetan dan kestabilan kinerja AC akan menjadi bonusnya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat energi pada AC, termasuk pada AC inverter.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian