Mengganti AC

7 Tanda Saatnya Mengganti AC Anda (Part 1)

Mengganti AC – AC bisa membuat hidup siapapun menjadi nyaman ketika suhu udara menjadi meningkat, terutama ketika musim panas atau kemarau datang. Tetapi, sama seperti halnya peralatan lain, AC juga tidak akan bertahan selamanya meskipun Anda telah memeliharanya dengan baik (karena faktor usia). Meskipun demikian, ketahanan daripada sebuah AC bergantung pada unit, iklim yang Anda tinggali, dan seberapa sering Anda menggunakannya, serta seberapa rutin Anda merawat AC sehingga AC dapat bertahan lebih lama dari yang diharapkan. Berikut ini adalah daftar 8 tanda teratas yang menunjukkan bahwa Anda perlu mengganti AC Anda lebih cepat daripada yang Anda harapkan.

  1. Unit meniup udara panas atau dingin yang tidak sesuai dengan pengaturan suhu

Salah satu masalah yang paling umum terjadi pada unit penyejuk udara adalah AC tidak dingin atau panas. Namun, bagaimana jika AC menghasilkan udara yang tidak sesuai pengaturannya? Seperti udara hangat pada suasana sejuk atau unit AC yang berhenti menghasilkan udara dingin sepenuhnya. Jawabannya adalah Anda harus mulai menyelidiki unit AC Anda. Hal ini dikarenakan tanda-tanda tersebut bisa berarti kadar zat pendinginnya (refrigerant) rendah/habis atau kompresor AC yang rusak.

  1. Unit Anda telah mengurangi aliran udara

Selama beroperasi, AC Anda menghasilkan sedikit bahkan tidak ada udara dingin yang keluar? Maka, penurunan aliran udara yang signifikan ini bisa menjadi pertanda bahwa kompresor AC Anda berada dalam kondisi tidak baik. Untuk itu, pertama hal yang harus Anda lakukan adalah memeriksa terlebih dahulu filter AC Anda. Namun, Anda pun sudah harus mempersiapkan kemungkinan bahwa ini adalah waktunya untuk mengganti dengan unit AC yang baru.

  1. Unit AC menghasilkan suara aneh

Biasanya sistem penyejuk udara yang berfungsi dengan baik akan beroperasi hampir tanpa suara. Namun, karena kita terbiasa menggunakan AC, maka tentunya Anda mengenal unit AC Anda dengan baik, terutama terkait dengan suara yang biasa dihasilkannya saat siklus berlangsung. Jadi, jika Anda mendengar suara-suara berbeda dari biasanya, maka inilah saatnya Anda menyelidiki unit AC Anda. Hal ini dikarenakan perubahan suara dapat mengindikasikan adanya masalah dan perlu beberapa perbaikan. Contoh masalah AC yang menghasilkan suara asing, namun kecil (minor noise), yaitu kipas angin tidak bekerja dengan baik, atau salah satu bagian di dalam unit menjadi longgar, atau mekanisme internal telah tersumbat dengan kotoran. Adapun suara AC yang lebih besar, seperti melengking, menggiling, berkerut, berderak, berdengung atau berdetik, ini bisa menunjukkan masalah serius yang berarti penggantian unit AC baru. Untuk mempelajari lebih jauh mengenai suara-suara aneh yang dihasilkan oleh AC, dapat Anda peroleh melalui artikel ini.

  1. Unit AC menghasilkan bau aneh

Hal yang sama pun berlaku untuk bau yang tidak biasa. Jika unit AC Anda mengeluarkan bau tidak sedap, maka hal ini bukan hanya gangguan, tetapi justru menunjukkan bahwa ada masalah yang besar dan harus segera Anda selesaikan dengan para ahli. Hal ini dikarenakan bau tidak sedap yang dihasilkan oleh unit AC Anda dapat menandakan bahwa insulasi AC Anda telah rusak atau saluran air telah menjadi berjamur. Kotoran atau jamur yang di dalam unit AC Anda dapat mengedarkan udara yang terkontaminasi melalui rumah Anda dan menyebabkan masalah kesehatan bagi keluarga Anda. Jadi, jangan abaikan bau tidak sedap tersebut dengan memeriksa terlebih dahulu filter AC Anda dan mencucinya. Jika unit AC Anda masih menghasilkan bau tidak sedap, maka bisa jadi ini adalah waktu untuk menggantinya.

Itulah 4 tanda teratas yang menunjukkan bahwa Anda perlu mengganti AC Anda. Untuk Anda yang merasa bahwa unit AC Anda sudah tidak tertolong dan menginginkan unit AC baru yang berkualitas, Anda dapat memperolehnya melalui ACWahana.com sebagai distributor AC dan Kontraktor AC yang menyediakan berbagai jenis unit AC serta berpengalaman dalam menyediakan kebutuhan pendinginan dan tata udara yang tepat dan efisien sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *