8 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli AC Bekas

No ratings yet.

AC sudah menjadi suatu alat elektronik yang wajib ada dalam suatu ruangan dengan suhu yang panas dan cenderung sering dihuni. Hal inilah yang membuat tingkat penjualan dan pembelian AC meningkat pesat setiap bulannya. Namun ternyata ada hal yang harus diperhatikan saat membeli AC bekas untuk menghindari adanya kesalahan dalam membeli AC bekas.

Hal – hal yang harus diperhatikan saat membeli AC bekas

  1. Kelengkapan Fisik AC

Berdasarkan pengalaman beli AC split bekas yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah kelengkapan fisik AC atau komponen yang bisa dilihat teliti dengan mata. Pastikan semua komponen yang ada masih dalam kondisi yang baik serta masih berfungsi dengan optimal. Pastikan tidak ada satu pun komponen yang rusak atau cacat.

  1. Kebocoran pada Evaporator

Hal yang perlu diperhatikan dalam cara membeli dan memilih AC second adalah keadaan dari evaporator dalam unit indoor. Pastikan evaporator masih memiliki fungsi minimal 80% dari kondisi awalnya. Selain itu pastikan juga tidak adanya kerusakan, lubang kecil atau bahkan kebocoran yang terjadi baik dalam bagian luar maupun dalamnya.

  1. Kondisi Remote

Tanyakan pada penjual, apakah ada remote dalam AC yang akan dibeli. Jika ada jangan lupa pastikan kondisi dan fungsinya. Pastikan sensornya masih bekerja dengan baik serta tidak lemot.

  1. Cek Sambungannya

Kemudian jangan lupa cek sambungan antara unit indoor dan outdoor apakah memiliki sambungan yang masih baik atau tidak. Sambungan yang kurang baik memperlihatkan bahwa adanya komponen yang kurang sempurna baik dalam komponen outdoor maupun indoornya.

  1. Cek Transfer Listrik Bagian Outdoornya

AC dengan kondisi yang baik biasanya bisa mentransfer listrik untuk outdoor menuju indoor dengan baik tanpa ada gangguan tertentu. Jika ada konslet atau kesulitan dalam transfernya cobalah cek pada komponen outdoornya, biasanya terjadi kesalahan atau kerusakan di dalamnya.

  1. Kondisi Kompresor

Untuk unit outdoor pastikan ada kompresornya. Selain itu pastikan kondisinya masih dalam keadaan yang baik dan minimal 80% bisa digunakan. Hal ini sangat krusial karena berkaitan dengan kinerja yang diberikan oleh unit outdoor.

  1. Kondisi Pres Balik

AC dengan fungsi yang baik akan memberikan pres balik yang bagus, sementara AC dengan kondisi yang buruk atau kurang baik tidak bisa memberikan pres balik dengan maksimal.

  1. Kondisi Kondensor

Untuk bagian outdoornya jangan lupa cek kondisi kondensornya. Kondensor merupakan komponen penting yang juga krusial bagi komponen outdoor. Pastikan tidak ada kebocoran, kerusakan atau bahkan kecacatan di dalamnya. Biasanya kompresor dan kondensor berperan bersama-sama untuk membuat kinerja komponen outdoor semakin baik.

Itulah hal yang harus diperhatikan saat membeli AC bekas untuk menghindari adanya kerugian dan kesalahan saat membeli AC bekas serta mengantisipasi adanya AC yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian