8 Rahasia AC yang Perlu Anda Ketahui

5/5 (1)

Rahasia AC – AC merupakan perangkat elektronik yang selalu dicari oleh masyarakat Indonesia, terutama yang bertempat tinggal di kota besar. Hal ini dikarenakan udara di Indonesia yang panas membuat masyarakat Indonesia membutuhkan AC untuk membuat ruangan menjadi sejuk dan dingin. Namun, dengan seringnya Anda menggunakan AC, apakah Anda telah benar-benar mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam menggunakan AC tersebut? Di bawah ini adalah 8 rahasia AC yang perlu Anda ketahui untuk lebih memahami penggunaan AC yang tepat.

  1. Suhu 26 adalah suhu yang paling tepat, nyaman, dan tidak menyebabkan sakit.

Tubuh manusia sendiri pada dasarnya memiliki kemampuan untuk menyesuaikan suhu tubuh, tetapi kemampuan tersebut tentunya memiliki batas. Jika Anda terlalu sering berada pada suhu luar dan suhu dalam ruangan yang berbeda terlalu jauh, maka tubuh Anda tidak dapat bertahan dan Anda pun dapat dengan mudah jatuh sakit. Suhu 26℃ ini adalah suhu dalam ruangan yang paling cocok bagi tubuh Anda dan juga yang paling membuat AC Anda hemat.

  1. Saat udara terlalu panas dan lembab, ubah mode AC menjadi mode “Dry”.

Saat musim hujan, udara akan terasa lebih panas dan lembab, maka pada saat seperti ini, Anda perlu mengubah mode AC Anda dari “Cool” menjadi “Dry”. Mode “Dry” ini tidak hanya bisa menyerap udara lembab, tetapi juga bisa membantu Anda menghemat listrik AC Anda. Untuk informasi lebih lengkap mengenai mode “Dry” ini, Anda dapat menyimak artikel ini.

  1. Tiga jam setelah AC dinyalakan, jendela harus dibuka.

Mengenai hal penting yang satu ini, masih banyak sekali orang yang tidak mengetahuinya. Ketika AC sudah menyala dalam ruangan tertutup selama 3 jam, maka udara di dalam ruangan sudah tidak segar lagi dan bila dalam 6 jam tidak ada pergantian udara, maka udara ruangan tersebut sudah terpolusi sangat berat. Polusi udara inilah yang akan mempengaruhi kesehatan Anda. Bila Anda sudah sering mengalami masalah pernafasan, flu, pusing, dan suka berada dalam ruangan ber-AC yang tertutup, maka Anda sudah harus mulai memperhatikan hal ini. Untuk menghindari masalah kesehatan tersebut, maka ada baiknya untuk Anda mulai membiasakan diri membuka jendela ruangan Anda setiap 3 jam sekali setelah AC dinyalakan.

  1. Arah mulut AC harus ke atas.

Ketika menyalakan AC, aturlah arah mulut AC ke atas. Hal ini akan membuat angin AC bisa lebih cepat memenuhi ruangan dan stabil.

  1. Tidur menyamping saat AC menyala

Tidur terlentang di bawah angin AC dapat menyebabkan mulut Anda menjadi kering dan angin AC yang langsung mengenai tubuh sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Sedangkan, dengan tidur menyamping, hal ini dapat mencegah Anda bernafas dengan membuka mulut dan membuat aliran udara menjadi lebih stabil.

  1. Buka AC dulu, baru tutup jendela.

Hal penting yang harus diperhatikan ketika membuka AC adalah Anda harus masuk ruangan dulu, buka AC, baru tutup jendela. Tujuan dari buka AC terlebih dahulu ini adalah untuk membiarkan udara kotor dalam AC keluar terlebih dahulu dan setelah AC berputar beberapa saat, baru tutup jendela.

  1. Jangan mematikan AC bila hanya meninggalkan ruangan untuk beberapa saat.

Banyak sekali orang yang berpikir bahwa dengan mematikan AC saat berpergian sebentar akan membuatnya hemat listrik AC. Namun, sebenarnya cara ini justru membuat Anda menjadi lebih boros dan tidak baik untuk mesin AC itu sendiri. Untuk informasi lebih lengkap dapat Anda peroleh melalui artikel ini.

  1. Jangan langsung menyalakan AC, sesaat setelah masuk ruangan.

Tidak sedikit dari kita yang  langsung menyalakan AC saat masuk ke dalam ruangan. Nyaman, sejuk, dan enak tentunya, tetapi apabila Anda masuk ke ruangan dari luar yang bersuhu sangat tinggi dan langsung menyalakan AC dengan suhu rendah, maka tubuh Anda tidak akan sempat beradaptasi dan menyebabkan tekanan darah Anda langsung melunjak tinggi. Hal ini tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda, terutama bagi orang- orang yang memiliki fungsi jantung yang lemah. Saat memasuki ruangan, tunggulah dulu sampai suhu tubuhmu mulai menyesuaikan, baru nyalakan AC.

Itulah 8 rahasia AC yang perlu Anda ketahui dalam hal penggunaan AC yang tepat. Untuk Anda yang ingin mendapatkan AC baru dengan efisiensi dan kualitas yang tinggi, Anda dapat memperolehnya melalui ACWahana.com sebagai distributor AC dan Kontraktor AC yang berpengalaman dalam menyediakan kebutuhan pendinginan dan tata udara yang tepat dan efisien sesuai kebutuhan Anda.

 

 

 

Berikan Penilaian