AC Cassette Daikin Inverter Cepat Panas? Coba Kurangi Bebannya

No ratings yet.

AC cassette Daikin inverter merupakan salah satu merek yang masih menjadi perhatian masyarakat. Teknologi inverter yang satu ini mampu membuat tenaga listrik yang dikeluarkan menjadi hemat dan mampu menyesuaikan suhu ruangan dengan cepat. Namun beberapa orang memakai AC sesuka hati tanpa peduli beban yang ditanggung oleh AC. Beban AC yang terlalu berat bisa menyebabkan kerusakan. Berikut cara mengurangi beban AC.

Cara mengurangi beban AC Cassette Daikin Inverter

  1. Matikan AC jika suhu rendah

Merawat AC yang baik dan benar bisa dimulai dengan mengurangi beban yang dikerjakan. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mematikan AC ketika suhu ruangan sudah rendah. Semakin rendah setelan suhu pada sebuah penyejuk ruangan, maka kerja AC akan semakin berat. Terlalu sering memaksakan AC bekerja keras akan membuatnya lebih cepat rusak. Karena itulah gunakan AC sesuai kebutuhan dan tidak selalu menyalakan AC. Hal ini juga bisa membuat freon menjadi awet tanpa perlu sering mengganti dengan membelinya di toko AC.

  1. Jangan pasang AC ber-PK kecil di ruangan yang luas

Luasnya ruangan sangat mempengaruhi banyaknya PK yang harus dipasang dalam AC. Jika PK yang dipasang tidak sesuai dengan lebarnya ruangan maka AC harus bekerja sangat ekstra untuk mendinginkan ruangan tersebut. Pengukurannya tidak hanya berdasarkan panjangnya namun ada beberapa hal yang harus diantisipasi seperti lebarnya dan juga kapasitas di dalam ruangan tersebut. Bisa jadi sebuah ruang kecil ternyata membutuhkan PK yang lebih besar dari pada biasanya.

  1. Menutup semua ventilasi

Hal lain yang bisa dilakukan adalah menutup semua celah ventilasi dalam ruang yang dipasang AC. Pastikan seluruh jendela bahkan pintu tertutup sempurna sebelum Anda menyalakan AC. Menutup ventilasi akan mengurangi beban AC dalam mendinginkan ruangan karena udara tidak akan bocor keluar secara berlebihan. Hal ini tentunya juga menghemat umur unit indoor yang sensitif meskipun Anda bisa membeli yang baru di distributor AC dengan harga yang terjangkau. Melakukan hal-hal sepele bisa membuat AC lebih awet dari biasanya.

  1. Gunakan termometer

Sesuai dengan fungsinya termometer memang digunakan sebagai pengukur suhu. Termometer sangat penting untuk melihat suhu yang ada di ruangan. Dengan bantuan termometer tentunya akan memudahkan menyesuaikan suhu AC dengan suhu yang ada di dalam ruangan. Apabila perbedaan suhu antara setingan di AC dan ruangan sangat mencolok, maka perlu adanya identifikasi penyebabnya agar bisa ditanggulangi.

Penyesuaian suhu yang tidak sesuai dengan kebutuhan ruangan juga akan menambah beban AC sehingga dalam melakukan pengecekan harus dilakukan berulang untuk memastikan. Kompresor dalam AC akan cepat rusak dan harus membeli yang baru di kontraktor AC jika membiarkan AC bekerja ekstra.

Itulah beberapa hal yang bisa digunakan untuk mengurangi beban AC cassette Daikin inverter.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian