AC Split Inverter Dengan Teknologi Smart untuk Menunjang Kebutuhan

No ratings yet.

ac split inverter ialah inovasi AC yang lebih unggul dibandingkan AC sebelumnya. Salah satunya dilengkapi dengan komponen ataupun fitur yang memudahkan mengatur compressor sesuai kebutuhan.

Teknologi pengontrolan compressor berfungsi untuk meningkatkan kecepatan kerja kompresor sehingga suhu ruangan lebih stabil. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai kekurangan dan kelebihan AC inverter, berikut penjelasannya.

Inilah Kekurangan dan Kelebihan AC Split Inverter yang Perlu Diketahui

  1. Kekurangan AC inverter

AC inverter meskipun terkenal dengan keunggulannya namun juga mempunyai kekurangan. Di antara kekurangan tersebut  yaitu harganya di toko AC lebih mahal dibandingkan AC non inverter. Dari segi perawatannya juga lebih mahal AC inverter dibandingkan AC yang lainnya. Tidak dilengkapi dengan proses stanby atau proses idle sehingga kompresor terus beroperasi. Namun bisa saja perputaran kompresor akan lebih lambat jika sudah mencapai suhu yang ditentukan. Selain itu, kekurangan lain yang dimiliki AC inverter ialah harga freon ataupun sparepart yang tinggi.

  1. Kelebihan AC inverter

Nah, kini membahas tentang kelebihan yang dimiliki AC inverter di antaranya memberikan kenyamanan kepada keluarga dengan udara dingin yang sesuai kebutuhan. Meskipun harganya yang lebih tinggi namun AC inverter tetap diminati sebab bisa menghemat listrik.

Kini AC inverter dilengkapi freon R410a yang ramah lingkungan dan tidak merusak ozon. Selain itu tipe freon yang digunakan tersebut adalah jenis freon yang disarankan oleh Pemerintah untuk dilengkapi pada AC. Tidak hanya bisa mengatur perputaran compressor tetapi suara kompresor yang dilengkapi pada AC tersebut lebih halus sehingga baik untuk lingkungan. Kelebihan apa saja yang dimiliki AC bisa ditanyakan langsung pada distributor AC saat membelinya.

Dengan berbagai keunggulan inilah yang membuat AC inverter terkenal dengan teknologi smart. AC inverter lebih mampu menghemat listrik sebab dilengkapi dengan variabel frekuensi. Sehingga terjadinya penggabungan inverter listrik dan memudahkan pengontrolan compressor. Inilah yang membuat AC inverter lebih hemat listrik sebab bisa diatur perputaran kompresor sesuai kebutuhan.

Selain menggunakan freon R410a ada juga yang dilengkapi dengan freon R32. Teknologinya terintegrasi di bagian outdoor sehingga kecepatan motornya bisa dikontrol dengan baik. Kedua jenis freon tersebut sama-sama baik untuk lapisan ozon sehingga AC inverter sangat disarankan untuk digunakan di rumah tangga. Untuk pemasangan dan pembersihannya bisa menghubungi kontraktor AC.

Meskipun harganya lebih mahal namun sepadan dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya dan lebih menguntungkan konsumen. Penggunaan AC inverter lebih baik dan memang ditargetkan untuk penggunaannya di dalam ruangan atau ruangan yang tertutup. Karena tekanan Freon yang lebih kuat, maka disarankan menggunakan pipa yang lebih tebal.

Sekian artikel tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki ac split inverter. Jadi, meskipun diproduksi dengan segala kelebihan ternyata AC inverter juga mempunyai kekurangan. Ini wajar saja sebab memang tak ada benda buatan manusia sepenuhnya sempurna.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian