AC Split vs Kipas Angin, Mana yang Lebih Baik?

No ratings yet.

Untuk Anda yang sedang ingin menggunakan pendingin ruangan, memilih AC split vs kipas angin mungkin menjadi salah satu hal yang membingungkan. Dalam hal fungsi, keduanya memang sama-sama berguna untuk mendinginkan ruangan. Akan tetapi tentunya kedua benda tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang mungkin memiliki daya tarik tersendiri. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari AC split jika dibandingkan dengan kipas angin.

Pilih AC split vs kipas angin untuk ruangan?

  • Kelebihan AC split
  1. Hembusan udara yang lebih lembut

Jika dibandingkan dengan kipas angin, hembusan udara dari AC akan terasa lebih halus atau lembut. Meskipun udara yang dihasilkan semakin dingin, AC akan tetap mengeluarkan udara yang lembut. Berbeda dengan hembusan udara kipas angin yang akan semakin keras dan kasar jika volumenya dinaikkan. Selain itu arah hembusannya juga akan langsung mengenai objek di depannya.

  1. Tidak ada debu yang beterbangan

Kelebihan Air Conditioner rumah selanjutnya adalah dalam komponen AC terdapat bodi untuk menutup komponen lain di dalamnya, hal ini membuat kotoran dan debu tidak akan mudah beterbangan. Berbeda dengan kerangka penutup pada kipas angin yang hanya dari besi-besi terbuka dan berlubang, dimana membuat baling-baling akan lebih cepat berdebu. Hal ini juga dapat membuat debu yang sudah menempel tersebut bisa menyebar kembali kemana-mana.

  • Kekurangan AC split
  1. Tidak adanya udara segar pada ruangan

Hal yang selalu dikatakan jika menyalakan AC pada ruangan adalah jangan lupa menutup pintu dan jendela agar ruangan bisa dingin. Namun hal ini juga bisa menjadi kekurangan dari AC. Dengan menggunakan AC pada ruangan, berarti membuat ruangan tersebut tidak mendapatkan udara segar secara alami dari luar.

  1. Menghilangkan kelembaban udara

Cara kerja AC adalah dengan menghasilkan uap air yang berasal dari udara yang juga bisa menyerap kelembaban udara di sekitarnya termasuk kelembaban kulit. Oleh karena itu sering kali kulit akan terasa kering bisa terlalu sering berada dalam ruangan ber-AC.

  • Kelebihan kipas angin
  1. Ramah lingkungan dan hemat

Berbeda dengan penggunaan AC, kipas angin hanya memakan daya sekitar 75 watt saja. Jadi Anda akan lebih hemat biaya listrik.

  1. Lebih sehat

Kipas angin hanya memiliki fungsi untuk menimbulkan efek udara dingin saja. Jelas berbeda dengan AC yang dapat mendinginkan udara. Selain itu kipas angin juga tidak mengambil kelembaban udara.

  • Kekurangan kipas angin untuk rumah
  1. Resiko bells palsy

Meskipun memang udara yang dihasilkan tidak akan mengambil kelembaban ruangan. Namun kipas angin dapat menyebabkan bells palsy, dimana jika terkena sisi wajah dengan lama, maka wajah akan menjadi kaku dan tegang.

Demikian adalah kelebihan dan kekurangan mengenai AC split vs kipas angin yang bisa Anda jadikan referensi jika sedang bingung menggunakan pendingin ruangan jenis apa yang cocok. Semoga membantu dan bermanfaat.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian