AC VRF Toshiba Prinsip Kerja dan Teknologi

5/5 (1)

AC VRF Toshiba dengan kualitas terbaik dan handal banyak dicari oleh konsumen Indonesia. Saat cuaca sedang panas, cukup nyalakan AC beberapa detik kemudian ruangan akan menjadi dingin dan sejuk. AC Toshiba VRF adalah teknologi mutakhir untuk sistem pendingin udara yang dikembangkan dengan baik dan matang oleh Toshiba. VRF biasa dikenal dengan istilah “Rolls Royce” suatu teknologi yang akan menghubungkan sistem pendingin udara dengan sangat mudah.

Prinsip Teknologi AC VRF Toshiba

Pada umumnya, teknologi sistem pendingin udara VRF menggunakan beberapa prinsip kerja, di antaranya:

  1. Kompresor type inverter yang memiliki kemampuan untuk menurunkan pemakaian daya dengan parsial beban sistem pendinginan
  2. Refrigerant hanya akan dimanfaatkan sebagai satu-satunya alat pendingin dalam sistem, prinsip kerjanya berbanding terbalik dengan sistem chiller
  3. Sejumlah unit indoor terletak di serangkaian putaran refrigran yang searah atau sama
  4. Kemampuan dari ekspansi modular akan dikembangkan secara bertahap, umumnya prinsip kerja ini dilakukan pada proyek besar.

Struktur Khusus Sistem VRF

Pada dasarnya, suatu sistem yang khas hanya terdiri dari satu unit outdoor dan sejumlah unit indoor, pipa refrigerant yang berjalan ke arah luar seluruh ruangan memakai kabel komunikasi dan distributor tembaga yang ada di pipa (refnet joints).

Pada hakikatnya, kabel komunikasi meliputi 2 kabel yang berbeda yang dirantai dari arah luar untuk semua di bagian dalam ruangan, sehingga dapat membuat jaringan loop tertutup dan internal yang termasuk pada bagian penting dari semua bagian instalasi VRF.

Sedangkan control, tiap-tiap di bagian dalam ruangan akan dikontrol panel control kabel sementara itu sistem pendendali dan remote nirkabel yang terpusat akan mengendalikan semuanya yang ada di bagian dalam dari lokasi yang telah ditentukan.

Logikanya, AC Toshiba VRF hanya dapat beroperasi seluruhnya secara built in di bagian dalam sistem untuk tiap-tiap produsen VRF. Penggunaan sistem ini memungkinkan untuk memperoleh masukan dari suhu ideal dan suhu ambient yang berasal dari lingkungan sekitar. Tujuannya tidak lain untuk memperoleh suhu yang dinginkan yang membuat tubuh merasa nyaman dengan memanfaatkan konsumsi daya maksimal.

Kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan luar ruangan merupakan salah satu indicator utama yang akan menjadikan sistem VRF menjadi sangat efisien bila terus kita bandingkan dengan beberapa AC tradisional lainnya berdasarkan prinsip kerja pendingin serta koil kipas yang didinginkan.

Jenis VRF Sistem

  1. Hanya sistem pendingin yang memanfaatkan teknologi untuk mendinginkan ruangan saja
  2. Sistem pompa panas meliputi seluruh unit di dalam ruangan yang bisa difungsikan sebagai pendingin maupun pemanas.
  3. Sistem heat recovery merupakan teknologi paling mutakhir yang mampu difungsikan sebagai pendingin dan pemanas ruangan di tiap unit indoor dan independen.

Setelah mengetahui apa itu AC VRF Toshiba, prinsip kerja dan jenisnya. Semoga bisa membedakan antara teknologi sistem pendingin mutakhir dengan yang biasa. Sehingga tidak salah beli dan dapat memilih jenis yang terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian