AC VRV Komponen dan sistem kerjanya

AC VRV adalah alat yang memiliki refriderant dengan sistem kerja yang selalu berubah-ubah. Teknologi dalam VRV sudah dilengkapi dengan sebuah CPU handal dan kompresor inverter yang sudah teruji efisien dalam penggunaan energi, dan sudah dipastikan bahwa teknologi ini lebih baik dibandingkan AC yang lainnya.

Apa saja komponen serta sistem kerja dari AC VRV?

Komponen AC VRV menggunakan teknologi inverter yang sama seperti digunakan gedung-gedung bertingkat. Berikut merupakan komponen serta sistem kerja VRV:

  1. Refrigerant

AC ini memiliki komponen yang utama yaitu refrigerant. Komponen ini merupakan bagian terpenting di sistem kerja VRV. Jadi cara pemasangannya AC ini juga tidak bisa terlepas dari komponen refrigerant ini.

2. Kompresor inverter

Bagian ini sangat penting bagi pengguna saat ini terutama karena teknolog ini mengedapankan efisiensi energi. VRC dilengkapi dengan kompresor inverter yang mampu meminimalisir kosumsi daya pada cara kerja AC VRV namun tidak mengurangi kualitas dari pendinginan yang diharapkan.

3. Ekspansi modular

Komponen ini memiliki sistem kerja yang termasuk canggih karena kemampuan tersebut memang sangat penting untuk digunakan terutama untuk produk yang perkembangannya memiliki beberapa tingkat penyelesaian.

4. Air handler

Pendingin udara ini juga mempunyai air handler dan dibungkus bungkus ke bagian unit, namun tetap melalui sirkuit berbentuk papan pendingin dengan bagian yang tetap sama.

Keunggulan dari AC VRV

Jika cara kerja AC VRV yang bisa dikatakan sederhana, ada berbagai macam keunggulan lain dari AC jenis ini, yaitu:

  1. Biaya perawatan ekonomis

Kinerja dari VRV sangatlah berat, karena harus menyalurkan udara dingin menuju banyak ruangan dalam waktu yang cepat. Tetapi meski demikian, biaya perawatan pendingin ruangan ini cukup murah. Hal ini karena cara kerjanya yang sederhana, serta komponen AC yang terletak pada satu pusat saja.

2. Tingkat sebisingan yang rendah

Pedingin udara ini memiliki tingkat kebisingan yang rendah. Hal ini karena  Komponen AC ARV terbuat dari teknologi canggih, sehingga pendingin jenis ini mempunyai suara yang lebih rendah dan tidak menimbulkan berbagai suara bising.

3. Bisa mengatur jadwal setel temperatur pendingin udara

Keunggulan berikutnya dari pendingin udara ini adalah memiliki cara kerja yang dapat melakukan penjadwalan temperatur secara otomatis. Kinerja yang demikian disebabkan karena AC ini memiliki sistem yang canggih dalam komputerisasi. Sehingga pengaturan jadwal temperatur pendingin udara bisa dilakukan.

4. Eco Friendly

AC ini menerapkan teknologi berbasis ramah lingkungan, yakni ozone free. Yang berarti pendingin udara ini tidak merusak lapisan ozone. Seperti kita tahu pemanasan global yang terjadi saat ini adalah karena rusaknya lapisan ozone, oleh sebab itu penggunaan AC ini akan memberi manfaat bagi manusia dan tidak merusak alam.

5. Tidak memakan banyak ruangan

Dalam pemasangan pendingin udara ini tidak memerlukan banyak tempat. Walau demikian, area yang bisa diakses oleh pendingin udara ini sangat luas, bahkan bisa mencapai seluruh gedung. Selain itu AC jenis ini memang didesain untuk pemakaian kapasitas yang besar, dengan ruang instalasi yang minim saja.

6. Refrigent type R410A

Sistem VRV ini menggunakan teknologi inverter yang biasanya digunakan pada gedung bertingkat. AC VRV ini memungkinkan pendinginan udara tidak berlebih dan tidak kurang sehingga bisa menghemat energi listrik.. Selain itu hemat ruangan, dan dapat menggunakan satu outdoor unit untuk beberapa indoor unit.

 

Oleh: acwahana.com