Alasan Mengapa Harus Rutin Ganti Filter AC Split Inverter

No ratings yet.

AC Split Inverter merupakan teman baik kita saat musim panas. Cukup sekali dinyalakan melalui remote, ruangan panas akan menjadi lebih dingin dan sejuk. Tubuh yang suhunya tinggi akibat melakukan aktivitas di luar ruangan akan berangsur-angsur turun dan menjadi lebih dingin.

Semakin sering menyalakan AC secara otomatis semakin banyak kotoran dan debu yang menempel pada filter AC. Filter AC berfungsi sebagai alat pengontrol polusi udara, agar kondisi filter tetap bagus hendaknya kita rajin membersihkannya. Karena bila filter AC kotor, udara sejuk yang dikeluarkan AC tidak optimal suhu ruangan tidak sejuk seperti sebelumnya.

Mengapa harus rutin ganti filter AC Split Inverter?

Selain karena alasan sebelumnya, ada tiga alasan lain yang mewajibkan pengguna AC untuk mengganti filter secara berkala. Simak alasan lengkapnya di bawah ini:

  1. Kelembaban makin tinggi

AC yang bekerja secara optimal akan menjaga kelembaban udara dengan baik, sehingga suhu udara tetap dingin sesuai pengaturan suhu yang disetel di remote AC. Berbanding terbalik jika filter AC rusak, kelembaban udara tidak bisa dikendalikan seperti biasanya.

Ruangan yang dibiarkan lembab dalam jangka waktu lama rentan terhadap serangan jamur terutama di dinding dan celah tersembunyi. Daripada mengeluarkan dana untuk membeli cat baru, jauh lebih baik jika kita mengganti filter yang rusak.

Kelembaban udara yang tinggi pun mempengaruhi kondisi kesehatan kita, karena debu yang menebal bisa mengakibatkan alergi pada kulit bahkan gangguan pernapasan. Alangkah baiknya jika kita membiasakan diri untuk merawat filter dengan membersihkannya minimal sekali dalam sebulan. Usahakan untuk service sepenuhnya di kontraktor AC secara berkala.

  1. Alasan kesehatan

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, filter AC berfungsi untuk mengurangi jumlah polusi udara di dalam ruangan. Apabila filter AC dibiarkan rusak dan tidak kunjung diperbaiki, akibatnya udara yang keluar dari AC adalah udara kotor. Menghirup udara kotor dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti asma dan bronkitis.

Tidak jarang pula orang yang mengalami eksema karena udara yang kotor menyebabkan kulit mengalami alergi. Ancaman ini bisa kita hindari dengan mudah dengan menghubungi staf teknisi toko AC. Minta mereka untuk datang dan memeriksa kondisi filter AC, bila perlu diganti maka langsung ganti dengan yang baru.

  1. Meningkatkan kualitas dan usia AC

Melihat-lihat AC baru di distributor AC memang selalu menyenangkan. Tapi bila belum saatnya membeli AC baru maka usahakan untuk meningkatkan kualitas dan usia AC dengan rajin mengganti filter AC.

Idealnya filter AC itu harus diganti dengan yang baru setelah 2-3 bulan sekali. Tujuannya untuk meringankan kinerja mesin AC sekaligus memperpanjang usia AC. Ketika membeli filter AC, pilih filter yang mempunyai banyak lipatan pada permukaannya.

Itulah tiga alasan yang melatarbelakangi kebutuhan kita untuk membeli filter AC Split Inverter terbaru. Jika ingin tetap dingin, sehat dan memiliki AC awet maka jangan goyahkan hati dan segera pergi ke toko aksesori AC untuk membeli filternya.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian