Apa itu AC Split Duct dan Instalasinya

AC Ducting biasanya digunakan untuk instalasi AC di satu gedung yang tidak memiliki pengatur suhu di setiap ruangannya. Dengan adanya ducting ini, maka semua kontrol suhu ruangan diatur oleh satu titik, sehingga pengaturan suhu ruangan tersebut akan didistribusikan ke ruangan lain. Dengan menggunakan AC sentral yang bisa mengontrol seberapa besar suhu udara yang diinginkan melalui pipa penyalur.

Sistem AC split duct biasanya dikenal dengan sebutan air handling system. Sistem ini sangat penting sebagai alat penghantar udara yang telah diatur panas atau dinginnya dari sumber yakin AC sentral, sehingga suhu ruangan yang tercakup dalam ducting akan diatur sesuai permintaan. Perkembangan desain duct ini dipengaruhi oleh efisiensi energi, yang merupakan seberapa besar biaya listrik yang dipakai supaya lebih ekonomis, kemudian pengaruh lainnya adalah material, instalasi pemakaian ruang, serta perawatannya.

Komponen dan keunggulan AC ducting

Selain faktor di atas, peenggunaan ducting ini dituntut agar menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna. Oleh karenanya dalam desain ducting terdapat komponen AC split duct yang meliputi desain kebutuhan ventilasi, filtrasi, dan humiditas. Tiap komponen ducting mempunyai manfaat dalam berbagai pengaplikasian tertentu. Karena pada saat sekarang ini ada banyak sekali sistem ducting yang digunakan. Oleh karena itu, kita harus menyesuaikan sistem ducting tersebut dengan kebutuhan masing-masing.

Keunggulan dari AC split duct ini adalah pendistribusian hawa dingin yang bisa dilakukan secara merata hanya dengan satu pusat AC saja. Sistem ini banyak digunakan di mall atau gedung dengan banyak ruangan lainnya. Keunggulan berikutnya dari AC ini adalah lebih ekonomis, karena setiap ruangan akan didistribusikan pendingin udara. Jadi tidak perlu ada indoor tiap ruangan, hal ini tentu saja akan menurunkan biaya pengeluaran.

Selain itu karena indoornya tidak ada di dalam ruangan maka estetika dari ruangan bisa kita maksimalkan karena pemakaian ruangan bisa menjadi lebih luas lagi. Keunggulan terakhir dari sistem ducting ini adalah tidak ada kebisingan suara, karena lebih mengutamakan AC sentral saja sebagai pendingin ruangan.

Instalasi AC tipe split duct

Dalam pemasangan AC Ducting kita harus memperhatikan beberapa hal, yakni:

  1. Perencanaan instalasi, pengoperasian dan perawatan harus dilakukan secara hati-hati. Karena sistem ducting ini hanya menggunakan satu AC saja sebagai pusat pengatur suhu udara.
  2. Memperkirakan kebutuhan biaya investasi untuk AC ducting. Karena pemasangan yang cukup rumit, maka kita harus memperkirakan biaya-biaya apa saja yang dibutuhkan sehingga bisa lebih ekonomis.
  3. Perawatan harus dilakukan dengan baik dan berkala. Hal ini bertujuan agar sistem ini bisa menyalurkan udara secara berlanjut. Untuk mengantisipasi kerusakan pada AC sentral.
  4. Pengaturan temperatur juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, agar semua ruangan bisa mendapat suhu yang diinginkan.

Itulah beberapa keunggulan dari AC split duct serta hal yang harus diperhatikan untuk instalasinya.

 

Oleh: acwahana.com