Apa Saja Penyebab AC Berisik?

No ratings yet.

Kontraktor AC yang berpengalaman memiliki kinerja yang bagus dan profesional, mengingat tugas yang membebaninya cukup sulit. Salah satu tugas wajib dari kontraktor tersebut adalah mengatasi AC yang berisik.  Sebenarnya, AC berisik bukan suatu hal yang aneh apalagi jika AC bukan tipe yang minim suara. Tapi akan menjadi fenomena aneh jika AC dibuat dengan fitur peredam suara. Pengguna yang terbiasa menggunakan AC tanpa mendengarkan suara akan merasa sangat terganggu dan tidak nyaman.

Apa Saja Penyebab AC Berisik?

Sebelum memutuskan menyelesaikan masalah AC pada kontraktor, pengguna bisa mencari tahu factor penyebab AC terus berisik. Dengan demikian, proses perbaikan AC bisa dilakukan dengan cepat tanpa perantara. Berikut ini penyebab AC berisik:

  1. Baut yang Longgar

Pemasangan baut yang tidak sempurna bisa menjadi penyebab utama AC mengeluarkan suara berisik. Saat memasang AC entah itu bagian outdoor unit atau indoor unit, pengguna harus melakukannya dengan terampil. Bila memakai jasa teknisi yang disediakan oleh retail AC, tempat beli AC pastikan jika teknisi melakukan instalasi dengan benar. Jika dibutuhkan, coba nyalakan AC dan dengar dengan seksama suaranya.

2. Dudukan AC Tak Rata

Penyebab lainnya masih seputar proses instalasi yang kurang sesuai. Idealnya AC diinstall persis di dinding atau permukaan lain yang rata. Jika pengguna memaksakan diri menginstalasi AC di dinding yang bergelombang, resikonya AC akan mengeluarkan suara yang mengganggu.

3. Sabuk AC Tidak Terpasang Sempurna

AC spesialis berpengalaman umumnya akan mengirimkan teknisi profesional untuk melakukan instalasi AC baru. Lalu, bagaimana jika ternyata sabuk AC tidak terpasang dalam kondisi sempurna? Tentunya AC akan mengeluarkan suara yang sangat keras dan mengganggu. Selain proses instalasi yang kurang ideal, pemakaian AC bertahun-tahun kemungkinan besar membuat sabuk mulai longgar.

Cara Kontraktor AC Mengatasi Problem AC Berisik

Saat dihubungi oleh konsumen AC, hal pertama yang akan dilakukan oleh pihak kontraktor adalah menanyakan keluhan. Jika keluhannya seputar suara AC yang terlalu berisik, maka kontraktor akan mengirimkan staf untuk membantu mengatasinya. Adapun cara mengatasi problem ini sangat mudah, terutama jika teknisi sudah mengetahui penyebab utamanya. Jika AC berisik karena proses instalasi yang kurang sempurna, maka teknisi akan melakukan instalasi ulang.

Bila penyebabnya karena sabuk AC yang sudah longgar, maka teknisi akan mengatasinya dengan mengganti sabuk memakai yang baru. Untuk mengatasi problem ini, teknisi AC profesional tidak membutuhkan waktu yang lama.

Itulah ulasan menarik tentang kontraktor AC dan bagaimana cara kerja mereka dalam mengatasi problem AC berisik. Saat berhubungan dengan AC, kita tidak bisa menyepelekannya begitu saja. AC merupakan barang elektronik terpenting yang wajib beroperasi dengan baik setiap harinya. Karena itulah jika suaranya berisik tentu akan sangat mengganggu penggunaannya. Untungnya hal tersebut bisa diatasi dengan mudah.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian