Bagian dalam AC Cassette Inverter yang Wajib Dibersihkan

No ratings yet.

AC cassette inverter memang bukanlah jenis AC baru yang muncul. Namun masih banyak orang yang memilih AC ini karena cara penggunaannya yang mudah serta mampu menghemat energi listrik yang dikeluarkan. Banyak orang yang tidak tahu kalau ternyata AC ini membutuhkan pembersihan khusus pada bagian-bagian tertentunya. Beberapa komponen AC yang harus dibersihkan dan dirawat antara lain seperti di bawah ini.

Beberapa komponen AC cassete inverter yang harus dibersihkan

  1. Filter

Komponen pertama yang harus dibersihkan dari debu dan kotoran adalah filter. Pada bagian ini harus dibersihkan setiap 3 bulan sekali atau paling lambat enam bulan sekali jika AC tersebut jarang digunakan. Namun jika AC sering digunakan seharian penuh, maka sangat direkomendasikan apabila dibersihkan setiap 1 atau 2 bulan sekali.

Debu dan kotoran yang menumpuk pada komponen ini akan mengakibatkan aliran udara terhalang sehingga fungsi AC pun jadi terganggu. Bisa jadi ketika AC Anda tidak dingin lagi, hal tersebut karena filternya yang sudah kotor. Filter yang terlalu kotor akan membuatnya bekerja berat sehingga mengalami kerusakan. Anda bisa membeli filter yang baru di toko AC.

  1. Unit outdoor

Komponen yang satu ini jelas lebih sering kotornya dari pada unit indoornya. Hal ini dikarenakan komponen ini bersentuhan langsung dengan udara luar yang berdebu. Anda bisa melakukan pembersihan pada komponen ini  sebanyak (2-3 bulan sekali) agar AC bisa awet hingga 10 tahun atau lebih.

Unit AC di bagian luar khususnya kipas yang bersinggungan langsung dengan udara kotor sudah pasti adalah bagian yang perlu mendapatkan perhatian khusus, apalagi kinerjanya yang saling mendukung dengan unit indoor. Jadi jika salah satu kotor maka AC akan menjadi panas dan tidak dingin lagi. Unit outdoor yang rusak karena terlalu kotor juga perlu diganti. Unit yang baru bisa dibeli di distributor AC terdekat karena harganya lebih murah.

 

  1. Kumparan

Bagian lain yang perlu diperhatikan adalah kumparan. Pada bagian ini perlu dilakukan pembersihan tidak sesering komponen lainnya yakni 1 tahun sekali atau dua kali. Meskipun tidak terkena langsung dengan debu dan kotoran karena tempatnya di dalam apabila tidak dibersihkan dapat menyebabkan kumparan kesulitan menyerap panas sehingga beban AC jadi bertambah berat dan bekerja lebih keras. Debu yang dibersihkan akan mengurangi risiko Anda membeli kumparan AC baru di kontraktor AC.

  1. Celah ventilasi

Bagian terakhir yang perlu diperhatikan kebersihannya dari debu adalah celah-celah ventilasi dalam AC. Anda perlu melakukan pembersihan sebanyak 3 bulan sekali untuk memastikannya bersih dari debu dan kotoran. Celah ini menjadi kotor umumnya karena terbawa debu dari unit outdoor. Gunakan lap microfiber untuk menggapai celah yang kecil ini, jangan lupa membuka cover unit indoor terlebih dahulu.

Itulah beberapa komponen AC cassette inverter yang harus sering dibersihkan dan diberi perawatan secara rutin.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian