Bahan untuk Memasang AC Split di Rumah atau Kantor

Bagi kita yang ingin melakukan instalasi AC baik di rumah maupun di kantor, ada baiknya kita mengetahui beberapa hal wajib sebelum melakukan pemasangan. Ada beberapa informasi mengenai material AC tipe split yang akan dipasang.

Pertama kali sebelum membeli AC di distributor resmi AC yang kita harus lakukan adalah menentukan teknisi yang akan memasang AC kita nantinya. Teknisi yang akan melakukan pemasangan haruslah orang yang memiliki skill, berlisensi, terampil, dan sudah memiliki banyak pengalaman dalam memasang AC. Hal ini bertujuan agar AC yang kita beli bisa terpasang dengan baik.

Setelah melakukan pembelian AC dan telah menemukan teknisi yang dirasa cocok dengan kriteria, akan lebih mengirit biaya apabila kita menyiapkan material pemasangan AC split sendiri. Sehingga ketika AC dipasang, kita hanya perlu membayar jasa pemasangan saja kepada teknisi. Tidak perlu ada biaya tambahan lainnya. Hal pertama yang harus kita ketahui adalah mengetahui panjang pipa dari unit indoor menuju unit outdoor AC, sehingga pipa yang kita beli tidak terlalu panjang ataupun terlalu pendek.

Membeli Material AC sesuai dengan petunjuk Distributor AC

Untuk membeli material yang dibutuhkan dalam pemasangan AC ada baiknya kita membeli sesuai dengan petunjuk dealer AC, agar kualitas material tahan lama. Adapun material yang dibutuhkan dalam pemasangan AC antara lain:

  1. Pipa AC

Kita diwajibkan membeli pipa AC yang sesuai dengan tipe AC yang telah kita beli dan sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Kriteria pipa AC yang kita beli harus sesuai ketebalannya, panjang, dan merek. Disarankan untuk membeli pipa yang tidak lebih dari 10 meter, hal ini agar AC bisa bekerja dengan maksimal.

2. Kabel, Steker, dan Terminal Listrik

Barang-barang ini sangat penting untuk dibeli ketika akan memasang AC. Karena perangkat AC membutuhkan listrik sebagai sumber dayanya, jika tidak ada listrik maka AC tidak akan bekerja. Upayakan membeli kabel yang tebal sehingga bisa awet digunakan dalam jangka waktu yang lama.

3. Selang pembuangan air

Selang dibutuhkan karena AC menghasilkan tetesan air. Agar air tersebut tidak mengalir ke mana-mana, ada baiknya kita pasangi selang air.

4. Bracket outdoor

AC yang kita beli biasanya hanya menyediakan bracket untuk unit indoor saja, untuk bracket outdoornya biasa dijual terpisah. Kita bisa membelinya di toko eletronik ataupun membeli secara online.

5. Ducktape lem dan non lem

Fungsi dari ducktape adalah untuk membungkus pipa dan kabel supaya tidak terlihat kacau atau berantakan. Selain itu kerapihan pipa dan kabel agar memudahkan kita mengawasi apakah terjadi kebocoran pada kabel atau tidak.

Demikianlah alat-alat yang kita butuhkan dalam melakukan pemasangan AC. Ada baiknya alat-alat tersebut kita beli di distributor AC. Agar kita mendapat alat dengan kualitas yang terbaik dan tahan lama.

 

Oleh: acwahana.com