Beberapa Hal yang Membuat AC Inverter Boros Listrik

No ratings yet.

AC split inverter merupakan salah satu jenis AC inverter yang terkenal mampu menghemat energi. Namun ternyata ada beberapa hal yang membuat AC ini justru membuat boros listrik. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan atau perawatan yang salah. Sehingga pengguna wajib tahu beberapa hal yang membuat AC ini berubah menjadi boros. Beberapa hal yang menyebabkan AC boros listrik.

Hal yang membuat AC split inverter boros listrik

  1. Masih menggunakan freon R410a

Beberapa AC termasuk jenis inverter memakai freon tipe R410a yang hanya memiliki cooling index freon R410a hanya mencapai 92. Pemerintah sudah melarang penggunaan freon tipe R22 karena dianggap tidak ramah lingkungan dan mampu mengikis lapisan ozon dengan cepat. Padahal besarnya freon yang dipakai pada AC sangat mempengaruhi tingkat kedinginan AC dan juga energi yang dikeluarkan.

Freon yang besar tidak membutuhkan banyak tenaga listrik. Hal inilah yang membuat AC tidak dingin dan memerlukan pengaturan suhu yang sangat rendah. Akibatnya tenaga yang dibutuhkan semakin besar. Untuk mengantisipasinya pengguna bisa memilih freon atau menggantinya dengan tipe R32, Anda bisa menemukan di toko AC terdekat.

  1. Ventilasi yang masih dibiarkan

Selain mampu untuk mempermudah pekerjaan AC dalam mendinginkan ruangan. Dengan memastikan seluruh ventilasi tertutup dengan rapat bisa mengurangi pengeluaran listrik yang diperlukan. Hal ini dikarenakan ketika AC bekerja stabil maka listrik yang dibutuhkan akan stabil juga. Begitu pun akan berlaku sebaliknya. Selain itu menutup ventilasi akan membuat umur freon dalam AC menjadi awet. Meskipun dapat membelinya dengan yang baru di beberapa distributor AC.

  1. Suhu yang diatur

Ternyata pengaturan harian suhu yang digunakan akan mempengaruhi pengeluaran listrik yang digunakan. Meskipun telah dilengkapi dengan teknologi inventer namun pengguna masih harus memastikan suhu yang digunakan. Jangan sampai mengatur suhu dengan sangat rendah hal ini akan membutuhkan energi yang besar. Cobalah untuk mematikan listrik di malam hari untuk menghemat energi karena suhu di ruangan sudah rendah.

  1. PK AC yang dipakai

Kebanyakan pengguna AC mengganti PK yang ada di dalam AC dan disesuaikan dengan kebutuhan ruangan yang akan dipasang AC. Mereka membelinya di beberapa kontraktor AC yang menyediakan. Penyesuaian PK ini berpengaruh besar dalam kinerja AC dan energi listrik yang dibutuhkan. AC 1/2 PK di ruangan yang ukurannya 14 m2 atau lebih sangat tidak tepat.

Hal ini disebabkan AC 0,5 PK lebih cocok digunakan untuk ruangan berukuran maksimal 10 m2. Pastikan terlebih dahulu PK yang akan dipasang dengan ruangan yang akan dipasangi AC. PK yang kecil akan memaksa AC bekerja lebih ekstra untuk mendinginkan ruangan. Akibatnya energi listrik yang diperlukan akan menjadi lebih besar. Itulah beberapa hal yang membuat AC, seperti AC split inverter boros energi.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian