Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih AC Inverter

No ratings yet.

AC split LG inverter merupakan salah satu jenis AC inverter yang masih menjadi perbincangan hangat karena fitur-fitur yang ditawarkannya. Namun sebelum membeli AC tipe inverter ini lebih baik Anda mengetahui beberapa hal untuk bersiap-siap dalam merawatnya nanti. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan dalam perawatan dan penggunaannya. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih AC inverter.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih  AC split LG inverter

  1. Harga

Banyak orang yang tidak tahu bahwa AC yang menawarkan hemat energi 70% lebih baik dari AC biasanya ini ternyata memiliki harga yang cukup tinggi. Anda bisa melihatnya di beberapa toko AC terdekat. Mungkin untuk sebagian orang yang memiliki dana lebih berpikiran bahwa hal tersebut tidak masalah mengingat untuk investasi jangka panjang dan bisa digunakan di waktu yang lama.

Banyak orang yang berpikir bahwa justru dengan membeli AC tipe inverter ini bisa menghemat pengeluaran listrik setiap bulannya meskipun harus mengeluarkan uang banyak dalam membeli AC inverter. Jadi, lebih baik keluar banyak di awal, namun Anda mendapatkan AC yang lebih awet sehingga mencegah pengeluaran biaya servis yang terlalu sering.

  1. Harga freon

Memang benar harga freon yang digunakan dalam AC inverter ini lebih mahal dari AC biasa. Namun pengguna tidak perlu melakukan penggantian freon setiap bulannya ketika servis. Penggantian freon biasa dilakukan ketika sudah mengalami kerusakan parah yang tidak bisa ditanggulangi oleh teknisi AC. Anda bisa melihat harga freon untuk AC inverter di beberapa distributor AC.

Seperti halnya dengan harga beli yang mahal, harga freon yang mahal ini tidak akan menjadi masalah karena kinerja dan keawetannya yang lebih terjamin dari pada AC jenis lainnya. Jika dibandingkan dengan AC biasa yang sering mengalami masalah pada freon bahkan sering mengharuskan pergantian pada freon maka AC inverter ini masih menjadi juaranya.

  1. Perawatan

AC jenis modern ini memang membutuhkan perawatan yang berbeda dengan AC model lama. Sehingga dalam perawatannya harus memerlukan ketelatenan dan seorang teknisi yang mengerti AC tipe inverter ini. Beberapa kontraktor AC sudah menekankan bahwa tidak sembarang teknisi atau bahkan orang awam yang mampu memperbaiki AC inverter yang bermasalah.

Silahkan datangi teknisi yang memang sanggup memperbaiki dari pada AC semakin rusak. Begitu juga dengan sparepart-nya. Seperti modul outdoor, harga modul outdoor AC inverter merek tertentu bisa mencapai Rp 2 jutaan. Memang lebih mahal dari pada AC biasa namun keawetan yang ditawarkan oleh komponen dalam AC ini mampu menghemat kantong.

Jika biasanya AC biasa harus melakukan penggantian mesin setiap 6 bulan sampai dengan 1 tahun sekali sedangkan untuk AC inverter ini tidak harus melakukannya. Dengan rutin melakukan servis sebanyak 3 bulan sekali Anda akan terhindar dari harga komponen yang harus diganti. Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli AC inverter, termasuk AC split LG inverter.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian