Benarkah Asap Rokok Dapat Merusak AC? Ini Penjelasannya

No ratings yet.

AC memang sangat sensitif terhadap sesuatu hal yang mungkin bisa mengganggu maksimalnya kinerja baik untuk komponen indoor maupun outdoornya. Salah satu yang menjadi banyak perbincangan adalah benarkah asap rokok dapat merusak AC. Untuk mengetahui kebenarannya lebih baik menyimak dampak asap rokok terhadap AC berikut ini.

Menjawab kerisauan benarkah asap rokok dapat merusak AC

  1. Mengubah warna badan komponen indoor

Salah satu akibat dari merokok saat AC menyala adalah berubahnya warna dari badan komponen indoor. Warna badan komponen indoor yang awalnya putih bisa berubah menjadi kotor kekuning-kuningan. Hal ini diakibatkan karena kandungan nikotin dari rokok yang masuk bersamaan dengan asap rokok menuju badan AC.

Warna kuning ini sangat susah dibersihkan meskipun telah menggunakan sabun atau detergen dengan gosokan yang maksimal sekalipun. Hal ini tentunya akan merusak keindahan badan AC dan terlihat seperti AC lama dan tidak terawat. Selain itu pergantian warna tersebut lama kelamaan akan mengakibatkan pengeroposan karena zat nikotin yang terus menerus mengenai badan AC.

  1. Udara tidak Sehat

Meskipun kebanyakan AC dilengkapi dengan teknologi penyaringan udara dan mampu menghasilkan udara yang lebih sehat. Namun jika kegiatan merokok terus menerus dilakukan dalam lingkungan ber-AC hal ini tentunya juga akan mempengaruhi hasil kinerja AC tersebut. Udara yang awalnya sudah kotor ditambah lagi dengan asap rokok yang sangat mengganggu.

Hal ini membuat AC harus bekerja dua kali lipat atau bahkan lebih untuk memberikan udara yang paling baik setiap harinya. Jika AC terus bekerja tidak sesuai dengan porsinya akan memicu AC rusak karena asap rokok. Yang diserang adalah freon yang bekerja di dalamnya. Sementara penggantian freon membutuhkan biaya yang cukup mahal dan tidak mudah untuk mencari freon yang cocok.

  1. AC Cepat kotor

Kerugian lain ketika merokok dalam ruangan AC adalah AC yang menjadi lebih cepat kotor sebelum waktunya. Hal ini tentunya akan merugikan pengguna AC dimana seharusnya servis dan pembersihan AC bisa dilakukan sebulan atau enam bulan sekali harus dilakukan selama seminggu sekali. Asap rokok membawa zat-zat kimia yang membuat AC cepat berubah fungsinya seperti terkena debu yang sudah menumpuk.

Selain itu kerugian lainnya adalah fungsi AC akan menurun jika terus-terusan terpapar udara yang tercemar asap rokok ini. Bahkan jika dilakukan pembersihan menyeluruh kondisi dari AC ini tidak akan bisa kembali menjadi seperti semula. Selain warnanya yang akan menguning dan kotor berkerak, komponen di dalam AC kemungkinan akan menurun kinerjanya.

Ternyata asap rokok sangat berbahaya untuk AC. Hal ini tentunya menjawab kebimbangan beberapa orang terkait benarkah asap rokok dapat merusak AC. Lebih baik tidak merokok saat AC dalam keadaan menyala atau memilih berpindah ke udara yang lepas saat ingin melakukan kegiatan merokok.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian