Cara Benar untuk Memindahkan AC Suspended Daikin Inverter

No ratings yet.

Salah satu masalah dalam penggunaan AC suspended Daikin inverter yaitu saat konsumen ingin memindahkan AC tersebut. Alasan AC tersebut dipindahkan bisa bermacam-macam tergantung kondisi yang dialami konsumen.

Pengguna AC Harus tahu 8 Cara Benar Memindahkan AC Suspended Daikin Inverter

Namun tak jarang setelah dipindahkan AC malah bermasalah bukan menjadi solusi seperti yang diinginkan. Maka untuk menghindari hal ini, perlu ketahui 8 cara berikut agar bisa memindahkan AC dengan benar.

  1. Ketahui umur AC

Umur AC sebelum dipindahkan sangat penting untuk diketahui, jika AC tersebut masih tergolong baru yakni digunakan belum sampai 3 tahun, maka boleh dipindahkan. Sedangkan jika AC sudah berusia lebih dari 5 tahun sebaiknya beli saja yang baru. Ingat kembali tanggal berapa AC tersebut dibeli di toko AC hingga saat ingin dipindahkan berapa usianya.

  1. Pastikan masih dalam kondisi bagus

AC yang akan dipindahkan dilihat dulu kondisinya apakah masih bagus atau tidak. Bagaimana kinerja atau performanya masih bisa beroperasi normal atau tidak. Begitu juga jangan sampai ada kebocoran serta kerja arusnya sebaiknya masih dalam kondisi normal.

  1. Tutup katup AC

Nah, setelah dicek dan kondisi AC masih bagus maka silahkan dipindahkan. Sebelum itu tutup dulu katup AC atau valve Freon AC lama sebagai langkah awal pemindahan.

  1. Lakukan service

Langkah selanjutnya AC tersebut dibersihkan dulu baik dengan cara dicuci ataupun diservice secara menyeluruh. Sehingga nantinya bagian evaporator indoor bersih secara sempurna. Tempat service AC jika tak diketahui mungkin bisa ditanyakan kepada distributor AC.

  1. Lakukan secara pelan-pelan

Lakukan dengan hati-hati supaya pada saat dilakukan transport, unit bagian outdoornya tidak mengalami guncangan. Jangan diletakkan dalam keadaan miring apalagi terbalik. Karena hal ini bisa merangsang oli pada compressor keluar dan bisa juga masuk ke bagian yang tidak seharusnya. Solusinya bisa menggunakan sterofom agar terhindar dari guncangan kuat.

  1. Cek ketebalan pipa

Sebelum AC dipasang di tempat baru, perlu diperhatikan ukuran ketebalan pipa Freon. Minimal tebalnya 0.6 milimeter sedangkan untuk pipa paralon minimalnya berukuran ¾inchi hingga 1inchi. Sebaiknya tidak menggunakan yang berukuran ½inchi sebab berpeluang besar pipa tersebut akan mampet nantinya.

  1. Cek flaring

Ini dilakukan setelah AC tersebut dipasang, pastikan flaring yang terdapat di naple pipa terpasang dengan benar. Jangan terlalu kencang dan juga jangan terlalu kendor. Jika ingin membuka katup Freon maka sebelumnya dipastikan dulu dalam keadaan vacum. Ini bisa dilakukan dengan bantuan alat vacum sesuai saran pabrik AC. Berbagai masalah dengan AC bisa menghubungi kontraktor AC untuk penanganannya.

  1. Lakukan pengujian

Setelah vacum selesai dilakukan, selanjutnya hidupkan AC. Silahkan uji tekanan freonnya, jika diketahui freonnya kurang maka silahkan lakukan penambahan. Sebab bisa saja ada Freon yang terbuang saat proses pencopotan AC. Tekanan Freon disesuaikan dengan yang tertulis di bagian outdoor unit.

Dengan cara memindahkan AC suspended Daikin inverter yang benar maka diharapkan Anda jadi lebih mudah jika ingin melakukannya.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian