Cara Bongkar AC Split Mitsubishi Inverter Untuk Perbaikan/ Perawatan

No ratings yet.

AC split Mitsubishi inverter merupakan tipe AC yang mampu mengambil hati masyarakat pecinta AC. Hal ini dikarenakan AC ini memiliki teknologi baru yang mampu mendinginkan ruangan dengan cepat. Bentukannya yang sangat modern sehingga sebagian orang merasa kebingungan bagaimana cara membongkar AC. Berikut beberapa cara bongkar AC split jika Anda ingin melakukan perbaikan atau perawatan.

Cara membongkar AC split Mistsubishi inverter

  1. Persiapkan Alat tempur yang akan digunakan

Sebelum membongkar AC silahkan persiapkan beberapa alat tempur seperti:

  • taspen
  • kunci L
  • obeng
  • palu kecil
  • kunci inggris
  • tang

Beberapa alat itu sebagian bisa Anda temukan di toko AC terdekat yang menyediakan beberapa perlengkapan servis AC. Keberadaan alat-alat tersebut tentunya memudahkan dalam hal pembongkaran dan juga pelepasan baut-baut dan bagian kecil yang ada di dalam AC. Ada hal yang harus diperhatikan sebelum membongkar AC yaitu jangan membiarkan freon terlepas di udara. Dikarenakan jika terbuang ke udara dampaknya dapat mengakibatkan pemanasan global serta merusak lapisan ozon.

  1. Siapkan AC

Nyalakan AC dengan remote lalu biarkan sebentar jangan langsung dibongkar, hal ini bertujuan untuk membuat freonnya tetap stabil. Kemudian masuk ke unit outdoor (dalam hal ini jangan langsung ceroboh ingin menyentuh unit indoornya untuk mengantisipasi adanya kerusakan). Kemudian mulailah dengan membuka tutup yang ada di bagian kran pipa refrigeran. Setelah itu bukalah bagian Freon dan pasang selang manifold.

  1. Gunakan obeng dan kunci inggris dengan hati-hati

Ketika menggunakan obeng pastikan pas mengenai bautnya sehingga baut mudah untuk dicabut dan tidak meleset bahkan melukai tangan. Selanjutnya adalah membuka tutup baut dimulai dari bagian yang lebih kecil kemudian yang besar dengan kunci inggris. Ingat meskipun tidak begitu tajam namun kunci inggris juga bisa melukai tangan. Dibutuhkan keuletan dan fokus yang tinggi dalam melakukan pelepasan dan letakkan di sebuah wadah agar tidak hilang. Baut yang hilang bisa dibeli di distributor AC terdekat.

  1. Konsentrasi dalam menggunakan kunci L

Kunci L digunakan untuk menutup kran pipa yang bagian kecil. Jangan lupa perhatikan jarum yang berada di manifold kemudian pastikan hingga sampai titik nol. Kemudian gunakan kunci L untuk menutup kran pipa yang berukuran besar dan matikan AC dengan cepat. Potonglah kabel kiriman yang ada menggunakan tang potong untuk mematikan AC secara cepat atau dengan cara meminta tolong seseorang sebelumnya untuk mematikan AC melalui remote yang telah disediakan.

  1. Cek ulang langkah Anda

Jika langkah yang Anda gunakan sudah tidak ada masalah atau tidak ada satu pun yang terlewat baru Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu membongkar bagian unit indoor AC. Namun jika belum yakin silahkan cek ulang untuk mengurangi risiko kerusakan AC. Beberapa kontraktor AC masih mengalami banyak kesulitan dalam membongkar AC.

Itulah beberapa cara membongkar AC split Mitsubishi inverter yang semoga bermanfaat untuk Anda.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian