Cara Bongkar Unit Outdoor dan Indoor AC Split Panasonic Inverter

No ratings yet.

Teknologi AC split Panasonic inverter memang masih menjadi primadona. Hal ini dikarenakan dengan harga yang terjangkau Anda sudah mendapatkan AC yang multifungsi. Pertama AC ini mampu mengubah suhu ruangan dengan cepat serta menghemat tenaga listrik yang digunakan.

Namun masih banyak orang yang masih kebingungan dengan cara membongkar unit outdoor dan indoornya apalagi saat akan melakukan perbaikan atau perawatan sendiri. Karena itu berikut cara membongkar unit AC split outdoor dan indoor yang tepat.

Cara membongkar unit outdoor dan indoor AC split Panasonic inverter

  1. Cara membuka unit outdoor

Hal yang pertama kali dilakukan untuk menghindari risiko adalah membuka unit outdoor terlebih dahulu. Kerusakan yang terjadi pada unit outdoor tidak terlalu fatal dan masih bisa diperbaiki dengan benar. Kemudian, lepaskan kabel power kiriman dari unit indoor kemudian lepas baut / nepel yang menghubungkan antara unit outdoor dengan pipa instalasi secara perlahan.

Untuk unit yang ada di breaket, sisihkan baut pengikat antara unit outdoor dengan breaket tersebut menggunakan obeng agar lebih mudah, kemudian turunkan indoor dari breaket. Terakhir lepaskan breaket tersebut dari dinabol yang menancap pada dinding menggunakan kunci pas atau kunci inggris.

Dalam pelepasan unit outdoor ini hal-hal yang perlu diperhatikan adalah ketepatan alat dengan komponen yang akan dilepas. Selain itu kehati-hatian dalam menyimpan baut dan menempatkannya dalam sebuah wadah agar tidak hilang. Jika baut hilang, Anda bisa membelinya di toko AC terdekat.

  1. Cara membuka unit indoor

Setelah selesai dengan unit outdoornya maka mari beralih ke unit indoor. Hal yang harus dilakukan pertama kali yaitu memutuskan saluran hidupnya. Setelah itu, mulailah dengan membongkar selang bagian pembuangan. Kemudian, bongkar sambungan  yang menjadi jembatan antara unit indoor dengan pipa instalasi menggunakan 2 buah kunci inggris satu digunakan untuk menahan dan satunya lagi untuk melepas.

Terakhir, bongkar unit indoor dari breaket lalu sisihkan bagian breaket Berhati-hatilah dalam menggunakan obeng dan kunci inggris serta simpan dengan rapi setelah menggunakannya. Keselamatan diri lebih penting dari pada keadaan AC yang dimiliki. Distributor AC memang menyediakan perlengkapan servis, namun menghemat lebih baik kan?

Sebenarnya antara membuka unit indoor ataupun outdoor bisa membolak-baliknya. Para kontraktor AC melakukan pembongkaran unit outdoor terlebih dahulu untuk menghindari adanya kerusakan atau kesalahan yang terlalu fatal. Lakukan secara hati-hati dan tidak sedang terburu-buru. Pastikan ketika membongkar AC ini dilakukan dengan terstruktur agar AC tetap dalam kondisi baik ketika dipasang kembali.

Jika ada waktu, bongkar juga bagian pipa sambungannya, karena jika masih bisa digunakan, pipa tersebut bisa dibersihkan agar lebih awet. Namun, jika rusak lebih baik diganti dengan yang baru atau dibiarkan saja. Pipa ini sangat berperan penting dalam kinerja AC. Jika merasa takut lebih baik menghubungi teknisi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.

Itulah beberapa cara membuka unit outdoor dan indoor AC split Panasonic inverter yang wajib diketahui.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian