Cara Kerja AC Floor Standing dan Keunggulan serta Kekurangannya

Penggunaan pendingin udara tipe AC floor standing merupakan pilihan yang tepat bagi para pengguna event dalam ruangan atau di rumah. Jenis AC standing floor ini cukup digemari oleh banyak orang karena pengguna bisa segera memindahkan pendingin ruangan. Sebab tipe pendingin udara ini merupakan tipe AC portable yang diletakkan di lantai serta rata-rata berukuran cukup besar.

Keunggulan dan kekurangan AC floor standing

  • Keunggulan

Penggunaan listrik pada AC floor standing ini lebih hemat energi. Oleh karena itu biaya untuk keperluan listrik pun bisa dihemat, sehingga anggaran yang dibutuhkan bisa ditekan. Bentuknya yang mirip dengan kulkas membuat pendingin udara ini mudah dipindahkan. Kelebihan AC standing floor yang lain adalah harganya yang relatif murah. Dan untuk meletakkan pendingin udara ini harus diletakkan di tempat yang cukup luas sehingga tidak banyak memakan tempat dan ruangan.

Selain itu udara yang dihasilkan cenderung natural dan normal seperti udara pada umumnya. Sehingga udara yang dihasilkan pun tidak terlalu dingin, namun tetap nyaman untuk kita nikmati. Pengoperasian AC ini lebih mudah dan praktis, sehingga teknisi mudah dalam perawatannya. Pendingin udara ini juga memiliki ukuran yang variatif sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Selain itu jika anda memerlukan pendingin udara untuk digunakan dalam sebuah event, maka AC ini cocok sebagai pilihan tepat. Selain murah dan hemat biaya, AC ini juga simpel dan nyaman digunakan.

  • Kekurangan

Namun pendingin udara ini juga memiliki beberapa kekurangan AC standing floor. Karena memiliki power yang cukup kuat, pendingin udara menghasilkan suara yang cukup bising. Sehingga terkadang mengganggu orang-orang yang berada di dekat AC ini. Suara bising tersebut dihasilkan karena kompresor yang terpisah sehingga di dalam AC hanya terdapat standing saja. Hal inilah yang mengakibatkan suara pedingin udara ini lebih berisik daripada AC jenis lainnya.

Cara kerja AC floor standing

Cara kerja dari AC Standing ini tidak jauh berbeda dengan AC pada umumnya. Yang berbeda hanyalah AC ini tidak terpisah antara unit indoor dan outdoornya. Proses pendinginan udaranya adalah dengan cara mengubah air menjadi udara segar. Di dalam AC terdapat tangki yang berfungsi untuk mengubah air tersebut.

Dalam pemasangan AC standing floor ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

  1. Perencanaan instalasi, pengoperasian, dan perawatan harus dilakukan secara hati-hati. Karena sistem AC ini hanya mendinginkan lurus ke depan saja dan dibutuhkan lebih dari satu AC jika digunakan pada event besar.
  2. Memperkirakan kebutuhan biaya investasi untuk AC ini. Karena pemasangan yang cukup mudah, maka kita harus memperkirakan biaya-biaya apa saja yang dibutuhkan sehingga bisa lebih ekonomis.
  3. Perawatan harus dilakukan dengan baik dan berkala. Hal ini bertujuan agar sistem ini bisa menyalurkan udara secara berlanjut. Untuk mengantisipasi kerusakan pada tangki airnya.
  4. Pengaturan temperatur AC floor standing juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, agar semua ruangan bisa mendapat suhu yang diinginkan.

 

Oleh: acwahana.com