Cara Membersihkan AC Cassette Inverter di Ruangan

No ratings yet.

AC Cassette Inverter memberikan jaminan mampu mendinginkan ruangan dalam kondisi cuaca yang sangat panas. AC ini telah dilengkapi dengan baling-baling kipas yang mampu berputar dengan sangat cepat, jadi tidak membutuhkan waktu lama bagi AC untuk mendinginkan ruangan.

Berbeda dengan Eropa atau Asia Timur yang memiliki musim dingin, Indonesia hanya memiliki musim panas dan hujan yang panjang. Jadi ketergantungan masyarakat terhadap AC sangat tinggi. Dan untuk memperpanjang usia AC agar bisa digunakan selama bertahun-tahun, sudah jadi kewajiban pengguna untuk membersihkan AC dengan baik. Caranya bisa dengan pergi ke jasa kontraktor AC atau cukup bersihkan sendiri.

Tips bersihkan AC cassette inverter sendiri

Service AC memang penting, tapi bila belum waktunya untuk servis padahal AC sudah terlalu kotor mengapa tidak mencoba bersihkan AC sendiri. Berikut ini tips jitu membersihkan AC tanpa bantuan teknisi:

  1. Menggunakan alat bantu

Di toko AC ada banyak AC baru yang memiliki tampilan menarik, tapi jika masih ada satu perangkat AC bagus di rumah maka jangan paksakan diri untuk membeli yang baru. Kita hanya perlu sering-sering membersihkan AC untuk membuatnya terlihat mengkilap dan secantik AC baru.

Cara pertama membersihkan AC seorang diri yakni dengan menggunakan alat bantu. Ada banyak alat yang bisa kita gunakan seperti vacuum cleaner, kemoceng dan juga lap. Ketiga barang ini akan membantu membersihkan seluruh sudut dan celah tersembunyi AC.

Sebelum bersihkan AC, pastikan jika AC dalam kondisi mati setelah itu buka cover depan dan bersihkan bagian yang kotor memakai kemoceng. Setelah menggunakan kemoceng lanjutkan dibersihkan dengan memakai lap basah agar semua kotoran dan sisa debu terangkat sempurna. Terakhir bersihkan AC memakai lap kering agar tidak ada sisa air yang tertinggal.

  1. Bersihkan area kipas dan evaporator

Agar bisa membersihkan area ini tanpa menghubungi teknisi distributor AC kita membutuhkan cairan pembersih serbaguna. Cairan pembersih ini bisa kita dapatkan dengan mudah di minimarket atau supermarket terdekat.

Semprotkan cairan pembersih ke area evaporator dan kipas AC. Saat melakukan aktivitas ini, lakukan dengan hati-hati. Ada baiknya jika siapkan alas koran lebih dahulu agar lantai tidak kotor dan basah.

  1. Bersihkan bagian luar AC

Bagian outdoor AC juga tidak luput dari pembersihan. Untuk menghindari setruman listrik, pastikan sudah mencopot kabel sambungan AC dari listrik sebelum membersihkan bagian outdoor. Jika sudah, lanjutkan dengan semprotkan area outdoor untuk mengangkat kotoran dan debu yang menempel. Dengan semprotan bertekanan tinggi semua kotoran akan ikut terangkat oleh air.

Intensitas membersihkan area outdoor AC Cassette Inverter sebenarnya tidak harus sama banyaknya dengan membersihkan area indoor. Cukup bersihkan jika area tersebut benar-benar tampak kotor. Setelah membaca cara membersihkan AC di atas, tidak sulit bukan untuk dilakukan?

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian