Cara Membersihkan AC Split dengan Benar

5/5 (1)

Kualitas udara yang dihasilkan oleh AC tentu dipengaruhi dari kebersihan di dalam AC tersebut. Selain itu kebersihan AC juga berpengaruh terhadap seberapa banyak daya listrik yang dikonsumsi oleh AC. Semakin kotor AC maka akan semakin bekerja keras, dan menyebabkan boros listrik. Apabila AC tidak rajin dibersihkan maka akan ada banyak debu, jamur, kutu, dan bakteri yang terkumpul di bilah-bilah ventilasi, kondensor, dan pada bagian filter AC. Kotoran tersebut nantinya akan disebarkan ke udara oleh AC dan bisa menyebabkan gangguan pernapasan.

Langkah Membersihkan AC Split dengan Benar

Oleh sebab itu Anda harus rajin membersihkan AC. Ada beberapa cara membersihkan AC dengan cara yang sederhana dan aman, sehingga kualitas udara bisa dihirup dengan aman. Selain itu dengan membersihkan AC membuatnya lebih tahan lama dan tidak boros listrik. Berikut ini adalah cara membersihkannya menurut pandangan AC spesialis:

  1. Langkah pertama dalam membersihkan AC split adalah mematikan AC dan mencabut kabel dari sumber listriknya. Hal ini bertujuan agar menjaga keselamatan kita. Karena ketika kita membersihkan AC cukup banyak menggunakan air, serta di dalam AC masih ada komponen-komponen listrik.
  2. Berikutnya ketika membersihkan AC ada baiknya kita menggunakan pembersih AC seperti alat penyedot debu, kemoceng, dan lap kering yang berfungsi untuk menyingkirkan debu dan kotoran dari bilah ventilasi. Selain itu menggunakan air dan sabun untuk membersihkan kotoran yang melekat kuat.
  3. Bacalah buku petunjuk cara membongkar dan memasang AC untuk mengetahui bagian mana yang perlu dibongkar dan bagian mana yang harus dibersihkan. Ada baiknya jika masih sedikit kebingungan Anda bisa bertanya pada retail AC yang lebih memahami tentang bongkar pasang AC ini.
  4. Langkah berikutnya adalah membersihkan debu pada filter AC. Pada komponen ini biasanya ada banyak sekali debu, dan untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan alat penghisap debu atau kuas yang bersih.
  5. Selanjutnya membilas filter AC menggunakan air bersih. Jika filter tersebut dalam kondisi yang terlalu kotor ada baiknya menggunakan sabun pembersih hingga kotorannya bisa hilang.
  6. Filter yang sudah dibersihkan dengan air tadi bisa dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.

Melakukan Perawatan dengan Jasa Kontraktor AC

Selain membersihkan filter AC ada baiknya juga membersihkan unit indoor AC pada komponen kondensor, evaporator, serta kipas AC. Ada banyak sekali jenis cairan pembersih yang bisa kita gunakan. Cara membersihkan kumparan AC dan evaporator bisa dilakukan dengan cara menyemprotkannya. Hal ini dilakukan karena komponen tersebut tidak bisa dilepas. Kemudian untuk perawatan rutin serta pembersihan secara menyeluruh dapat menggunakan jasa kontraktor AC yang sudah berpengalaman dalam melakukan perawatan AC setiap 3 bulan sekali.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian