Cara Membersihkan AC Split yang Benar Agar Awet

5/5 (1)

Kontraktor AC saat ini memang semakin banyak jumlahnya di berbagai area. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan pendingin ruangan juga semakin meningkat setiap harinya. Cuaca panas membuat keberadaan pendingin ruangan sangatlah penting. terdapat berbagai jenis atau tipe air conditioner atau AC yang dapat diaplikasikan di berbagai ruangan atau bangunan.

Cara membersihkan AC Split

Salah satu tipe pendingin udara yang sering digunakan oleh masyarakat rumahan adalah AC split. Supaya dapat bekerja dengan maksimal, sebaiknya selalu jaga kebersihannya. Hal ini juga banyak disampaikan oleh berbagai pihak kontraktor AC sebagai salah satu langkah perawatan. Membersihkan AC split sangat mudah dan tidak membutuhkan teknisi khusus karena dapat dilakukan secara mandiri. Berikut ini adalah langkah atau cara membersihkannya:

  1. Matikan sumber listrik

Langkah pertama dalam pembersihan pendingin ruangan adalah mematikan AC atau memutus sumber listrik. Langkah ini dapat dilakukan dengan mencabut kabel stop kontak.

2. Bersihkan bilah ventilasi

Kemudian bersihkan bila-bilah ventilasi dengan vacuum cleaner, lap kering atau kemoceng. Bebaskan bagian ini dari debu sehingga permukaan luarnya menjadi bersih terbebas dari kotoran dan debu.

3. Lepaskan filter

Cara yang selanjutnya adalah melepaskan bagian filter. Untuk tahap ini, pastikan Anda memiliki buku petunjuk untuk membuka atau melepas filter AC dengan benar. Biasanya distributor AC akan menyertakan buku petunjuk untuk mempermudah konsumen. Bagian AC yang dapat dilepas hanyalah bagian filter saja untuk dibersihkan.

4. Bersihkan filter

Setelah berhasil dilepas, bersihkan filter dengan mesin penyedot debu atau kuas yang bersih. Biasanya pada bagian filter ini akan terdapat banyak debu yang menempel. Semakin lama dibiarkan, debu akan semakin tebal dan akhirnya dapat mengganggu kinerja pendingin ruangan.

5. Bilas filter

Setelah debu dan kotoran dibersihkan, lalu bilaslah filter di bawah aliran air. Layaknya petunjuka perusahaan kontraktor AC pada saat pemasangannya bahwa filter haruslah rutin dibersihkan. Apabila perlu, aplikasikan sabun cuci piring cair agar filter menjadi bersih maksimal. Barulah bilas sampai filter bersih dan terbebas dari busa sabun.

6. Keringkan filter

Setelah disabun dan dibilas bersih, langkah terakhir adalah mengeringkan filter tersebut di tempat yang teduh. Jangan jemur filter di bwah terik matahari karena dapat memberi efek buruk. Ketika filter sudah benar-benar kering, barulah dipasang kembali ke AC dan AC pun siap dioperasikan kembali.

Cara perawatan AC di rumah

Sesuai dengan petunjuk dari distributor AC Indonesia yang professional, AC memang harus dijaga kebersihannya. AC yang kotor memang tidak serta merta memberikan indikasi bekerja tidak normal. Namun selalu menjaga kebersihan pendingin ruangan akan membuat AC lebih awet dan tahan lama. Pembersihan dilakukan minimal 1 kali dalam sebulan. Terdapat beberapa cara lain untuk perawatan selain membersihkannya, antara lain:

  • Matikan AC saat rumah kosong dan baru nyalakan kembali saat sampai di rumah.
  • Selalu periksa dan memastikan bahwa tidak ada kebocoran pada pipa saluran unit dalam dan luar.
  • Mengganti filter setiap 3 bulan sekali khususnya bagi yang punya alergi seperti yang disarankan kontraktor AC terpercaya.
  • Saat pertama menyalakan AC, jangan langsung menyetel suhu yang paling rendah

Cara membersihkan atau melakukan perawatan sederhana seperti yang dijelaskan di atas akan disampaikan oleh kontraktor AC berkualitas. Dengan begitu, AC akan lebih tahan lama dan bekerja optimal.

oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian