Cara Membongkar AC Cassette Inverter Dengan Benar

No ratings yet.

AC cassette inverter merupakan barang elektronik penting yang wajib dirawat dan dibersihkan secara teratur. Dengan membersihkan AC, Anda telah menjaga kesehatan paru-paru karena menghirup udara yang bersih dan segar. Tips pertama membersihkan AC adalah dengan membongkar AC, langkah awal ini biasa dilakukan oleh kontraktor atau ahli service AC.

Cara Membongkar Unit Indoor AC Cassette Inverter

Meskipun tampak mudah, nyatanya proses membongkar AC dibutuhkan keterampilan yang baik. Mungkin tidak sehandal ahli service AC, tapi setidaknya Anda bisa mencoba trik berikut supaya AC yang dibongkar tidak rusak:

  1. Pertama-tama lakukan tindakan penyelamatan diri dari sengatan listrik dengan memutuskan kabel power.
  2. Setelah itu lanjutkan prosesnya dengan melepaskan selang pembuangan dan disusul dengan melepaskan sambungan nepel penghubung antara pipa instalasi dengan indoor AC. Agar prosesnya lebih mudah dan efisien, gunakan kunci inggris.
  3. Bila kedua proses di poin kedua sudah dilakukan dengan baik lanjutkan dengan menurunkan indoor AC dan melepaskan breaket indoor. Jangan ragu untuk memakai obeng bia breaket terpasang menempel dengan erat di dinding.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk membongkar indoor AC, tidak perlu bantuan kontraktor AC untuk melakukannya bukan? bila sudah membongkar indoor AC dijamin Anda juga bisa membongkar bagian outdoor AC. Ikuti langkahnya di bawah ini:

  1. Langkah pertama tentu saja melepaskan kabel power yang dihubungkan oleh unit indoor.
  2. Setelah itu lepaskan nepel penghubung antara pipa instalasi dengan outdoor AC. Menggunakan obeng Anda bisa melepaskan baut breaket outdoor dengan mudah. Dan terakhir pisahkan breaket dari dinabol dengan menggunakan kunci inggris.

Tips Bongkar AC Tanpa Membuang Freon

Supaya teknik perawatan AC baru dari toko AC, lakukan pula pembongkaran AC tanpa membuang Freon berikut ini:

  1. Berbeda dari dua tips sebelumnya, untuk tahap awal Anda harus mengoperasikan AC terlebih dahulu. Tujuannya untuk melancarkan sirkulasi udara di Freon AC.
  2. Di unit outdoor AC, cari tutup kabel kiriman dan tutup kran pipa refrigerant untuk dibuka.
  3. Jangan lupa pula untuk membuka tutup krang pengisian Freon. Agar freonnya tidak terbuang pasang selang biru manifold dan pastikan krannya berada dalam kondisi tertutup.
  4. Ambil kunci inggris untuk membuka baut kran pipa besar dan kecil setelah itu tutup kran pipa kecil memakai kunci L.
  5. Secara perlahan-lahan, jarum manifold akan turun hingga menyentuh angka nol. Baru Anda lanjutkan kembali dengan menutup kran pada pipa besar masih memakai kunci L.
  6. Baru AC dimatikan, agar tidak terlambat gunakan gunting untuk memotong kabel kiriman atau bila tidak ada pakai tang. Jika tidak ingin merusak kabel, cukup matikan AC menggunakan remote AC.

Dan itulah cara bongkar AC tanpa membuang Freon, pihak distributor AC biasanya tidak menginformasikan hal tersebut. Sehingga Anda harus mencari tahu dengan sendirinya.

Bila terjadi masalah saat proses pembongkaran, pastikan tiap step dari proses membongkar AC cassette inverter yang telah disebutkan di atas dilakukan dengan baik.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian