Cara Memilih AC Untuk Rumah Kontrakan

No ratings yet.

Cara memilih AC untuk rumah kontrakan harus diperhatikan. Biasanya AC yang digunakan adalah AC yang mudah dibongkar pasang ataupun dibawa kemana saja yang biasa disebut portable. Selain itu, pemilihan jenis AC juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kemampuan budget Anda. Beberapa faktor seperti daya listrik rumah dan juga jumlah kamar yang ingin menggunakan AC juga perlu diperhatikan.

Cara memilih AC untuk rumah kontrakan

Jika Anda ingin membeli dan memasang AC untuk rumah kontrakan Anda, AC jenis split mungkin cocok untuk kebutuhan Anda. AC jenis split memiliki banyak sekali kelebihan dan sangat cocok digunakan untuk rumah kontrakan, misalnya:

  1. Memilih yang hemat energi

Kelebihan yang pertama adalah lebih hemat energi jika dibandingkan dengan AC standar pada umumnya. Hal ini dikarenakan dalam satu unit outdoor bisa digunakan untuk dua hingga tiga unit AC indoor.

  1. Pilih yang berdaya rendah

Cara memilih AC split untuk rumah kontrakan selanjutnya adalah pilih AC split dengan daya yang rendah. AC yang daya serapnya rendah biasanya AC degan kapasitas 1/2 PK. Namun, sekarang sudah banyak sekali merek AC yang menerapkan teknologi hemat daya atau low watt. Hal ini akan sangat menguntungkan Anda yang memiliki rumah kontrakan dengan daya listrik rendah sekitar 900 atau 1300 watt. Anda juga masih bisa menggunakan alat elektronik lainnya seperti rice cooker, setrika, televisi, bahkan mesin cuci.

  1. Berteknologi inverter

AC dengan teknologi inverter juga sangat disarankan untuk Anda yang memiliki rumah kontrakan. Hal ini karena kebutuhan daya dari AC inverter akan lebih rendah jika dibandingkan dengan AC konvensional lainnya. Selain itu, teknologi inverter juga termasuk AC yang mampu memberikan teknologi tinggi namun tetap awet. Jika dipasang dengan benar dan juga digunakan dengan sesuai, maka AC dengan teknologi inverter bisa menghemat energi hingga 70%.

Menghemat dan membagi daya listrik rumah kontrakan memang sangat diperhatikan agar tidak menyedot biaya yang berlebihan juga. AC inverter juga hadir dengan teknologi watt control dimana Anda bisa tetap menghidupkan AC tanpa perlu mematikan alat elektronik lainnya.

  1. Sesuaikan budget

Terpenting dalam tips membeli AC untuk rumah kontrakan adalah harus disesuaikan dengan budget yang akan dikeluarkan dan juga jumlah daya yang dihasilkan dari penggunaan AC. Sebelum membeli AC pastikan terlebih dahulu berapa jumlah AC yang Anda butuhkan serta perhitungan daya listrik rumah kontrakan dengan daya yang akan dihabiskan untuk penggunaan AC. Hal ini berguna agar AC yang Anda beli bermanfaat dan juga tidak memberatkan keuangan Anda nantinya.

Demikian adalah cara memilih AC untuk rumah kontrakan yang mungkin berguna untuk Anda.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian