Cara Mengatasi Kedap-Kedip pada AC

No ratings yet.

Pada AC standar biasanya permasalahan AC yang selalu berkedip lebih sering disebabkan oleh thermistor yang rusak. Sementara untuk jenis AC inverter biasanya disebabkan oleh AC yang kotor atau kekurangan freon. Lalu AC yang berkedip juga ditandai dengan kinerja AC yang menurun, seperti AC sudah tidak terasa dingin lagi. Kedap-kedip biasanya merupakan suatu langkah pencegahan yang berarti ada masalah yang terjadi di dalam komponen AC. Contohnya jika AC inverter terlalu kotor atau kekurangan freon, maka AC akan bekedap-kedip.

Cara Mengatasi Kedap-Kedip pada AC menurut Distributor AC

  1. Modul AC kotor atau terkena air

Permasalahan ini biasanya terjadi ketika kita melakukan perawatan pada AC. Biasanya ada kecerobohan yang dilakukan oleh teknisi atau kita sendiri yang membuat module AC menjadi basah karena air. Untuk mengatasi permasalahan ini sebaiknya kita membersihkan module terlebih dahulu. Apabila module sedang basah ada baiknya kita keringkan terlebih dahulu. Karena module AC adalah komponen yang cukup penting ada baiknya kita menanyakan dealer AC mengenai cara membersihkan module AC yang baik dan benar.

2. Thermistor AC mengalami kerusakan

Komponen thermistor merupakan alat sensor suhu yang memiliki fungsi sebagai pemutus mesin outdoor pada AC. Jika komponen ini mengalami kerusakan maka ia akan mengirim sinyal berupa kedap kedip pada lampu timer. Apabila komponen thermistor mengalami kerusakan ada baiknya kita segera membeli yang baru.

3. Jalur pada PCB modul AC putus

Permasalahan ini juga sering terjadi karena dapat kita lihat dari mainboard module pada AC. Biasanya ada jalur yang putus atau berwarna hitam. Untuk memperbaikinya kita bisa membersihkan jalur tersebut atau menyambungkannya dengan menggunakan soldier.

4. Socket kendur

Komponen lain yang bisa membuat AC kedap kedip adalah socket yang kendur. Permasalahan ini terjadi karena arus listrik yang kurang stabil sehinga AC tidak bisa bekerja dengan baik. untuk melakukan pencegahan ada baiknya kita memastikan bahwa socket terpasang dengan baik. namun apabila sudah mengalami kerusakan parah ada baiknya membeli socket baru di distributor resmi AC.

5. Kipas indoor tidak berputar

Kipas yang mati akan membuat lampu indikator berkedap kedip, hal ini juga merupakan bagian dari proteksi terhadap permasalahan yang ada pada AC. Ketika kipas mati maka akan ada sensor yang mengirim sinyal ke lampu timer.

6. AC kotor

Hal ini berlaku untuk AC jenis inverter. Ketika AC kurang dirawat dan menjadi kotor maka lampu timer akan menyala kedap kedip.

7. AC kekurangan freon

Untuk permasalahan ini ada baiknya kita pergi ke distributor AC. Karena jika AC kekurangan freon maka lampu timer akan berkedip. Gas freon juga memiliki fungsi yang cukup penting yakni menurunkan suhu udara. Apabila AC kekurangan gas freon ada baiknya kita melakukan perbaikan.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian