Cara Mengatasi Kerusakan Sekrup Kompresor AC Chiller

No ratings yet.

Kerusakan sekrup kompresor AC chiller perlu ditangani dengan serius. Jika dibiarkan begitu saja, Anda tidak bisa menggunakan chiller seperti biasanya. Padahal chiller amat sangat dibutuhkan terutama oleh industri kimia, pengawetan makanan, dan industri lainnya.

Ini dia cara mengatasi kerusakan sekrup kompresor AC Chiller

  1. Mencari tahu penyebab kerusakan sekrup kompresor

Dilihat berdasarkan jenisnya, sekrup kompresor chiller dikelompokkan menjadi dua yakni sekrup water chilller dan sekrup berpendingin udara. Masing-masing sekrup kompresor chiller dilengkapi dengan teknologi modern.

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk atasi kerusakan sekrup kompresor chiller dengan mencari tahu penyebabnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan perangkat ini tidak bisa bekerja secara maksimal:

  • Perangkat kelebihan beban
  • Tegangan pada power supply tidak stabil
  • Sistem perangkat eror

Selain ketiga penyebab di atas, kerusakan sekrup kompresor pada AC chilller juga bisa disebabkan hal lainnya. Serahkan tugas perbaikan sekrup kompresor pada teknisi yang andal jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri.

Chiller terdiri dari komponen-komponen yang unik dan rumit. Masing-masing komponen memiliki fungsi dan perannya. Akan sulit bagi Anda untuk memperbaiki sekrup kompresor tanpa merusak komponen di sekitarnya.

  1. Mengganti sekrup kompresor dengan yang baru

Sekrup kompresor yang rusak mungkin bisa diperbaiki atau tidak tergantung kondisinya. Jika kondisi perangkat benar-benar rusak parah, langkah terbaik adalah mengganti perangkat dengan yang baru. Perangkat usang baiknya tidak dipaksa untuk digunakan kembali.

Pilih sekrup kompresor berkualitas terbaik agar lebih awet penggunaannya. Anda bisa meminta rekomendasi dari staf atau jasa pemasangan chiller yang lebih ahli di bidang ini. Setelah perangkat baru di tangan, ikuti panduan pengganti sekrup kompresor di bawah ini:

    • Lepaskan filter pengeringan

Pertama-tama, silakan Anda lepaskan filter pengeringan terlebih dahulu. Gunakan jenis pipa yang tepat seperti pipa tembaga.

    • Bersihkan pipa

Pipa yang sudah dipasang selanjutnya harus dibersihkan. Agar udara yang dihasilkan oleh chiller adalah udara sehat dan segar.

    • Keringkan sistem perpipaan

Sebelum memasang kompresor, pastikan terlebih dahulu jika perpipaan yang dibersihkan telah kering sempurna.

    • Pasang kompresor baru

Selanjutnya, Anda bisa memasang kompresor baru. Pada saat melakukan kegiatan ini, perhatikan dengan baik apa terjadi kebocoran atau tidak?

    • Lakukan pengecekan kontrol sistem

Berhasil atau tidaknya pemasangan sekrup kompresor baru bisa segera Anda lihat dengan melakukan pengecekan kontrol sistem. Apa sistemnya bekerja dengan optimal atau tidak?

    • Beri cairan pendingin

Kompresor yang akan dicek wajib dipanaskan kurang lebih selama 2 jam. Selanjutnya diberi cairan pendingin.

    • Ganti oli pendingin kompresor

Tahapan terakhir adalah mengganti oli pendingin pada perangkat.

Chiller dimanfaatkan untuk mendinginkan ruangan, sebelum dinyalakan Anda wajib memastikan kembali jika mesinnya berada dalam kondisi baik. Pengecekan harus dilakukan sebelum mengaktifkan chiller seperti biasanya. Dan ketika terjadi kerusakan sekrup kompresor AC chiller, segera lakukan panduan di atas untuk menyelesaikan permasalahannya.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian