Cara Menghilangkan Bau pada AC Sesuai Petunjuk Kontraktor AC

No ratings yet.

Apakah AC Anda pernah mengeluarkan bau yang kurang sedap? Jika iya berarti ada beberapa masalah yang terjadi pada AC tersebut. Bau tidak sedap pada AC biasanya terjadi karena ada beberapa faktor seperti komponen AC yg kotor, konslet listrik yang menyebabkan bau gosong, ada hewan yang mati di dalam AC, serta bocor pipa sehingga gas freon ikut keluar.

Penyebab AC Berbau tidak Sedap

Sebelum kita melakukan penanganan pada AC yang berbau tidak sedap, ada baiknya kita mengetahui penyebab bau tersebut, antara lain:

  1. Komponen AC yang kotor

Para AC spesialis biasanya menyarankan pada kita untuk membersihkan AC secara rutin. Karena AC yang jarang dibersihkan akan mengeluarkan bau yang tidak sedap akibat kotoran. Langkah penanganan AC yang kotor adalah dengan cara pencucian komponen AC dengan alat dan sabun pembersih sehingga kotoran bisa hilang dan bau tidak sedap pun tidak akan muncul lagi.

2. Terdapat bangkai binatang di AC

Bau tidak sedap pada AC juga bisa terjadi karena adanya bangkai binatang yang tersangkut di dalam AC. Binatang seperti cicak, kecoa, dan tikus kerap masuk ke dalam AC. Hal ini bisa terjadi karena kita kurang merawat AC dengan maksimal dan rutin. Jika bau tidak sedap terjadi kita harus membongkar AC dan mencari sumber bau tersebut, kemudian membersihkannya dengan cairan pembersih. Agar binatang tidak masuk lagi ke dalam AC, ada baiknya kita melakukan pemasangan AC dengan baik dan benar, serta tidak melupakan standar dalam pemasangan AC. Pasang unit indoor lebih tinggi, serta lakukan perawatan secara berkala minimal 2 minggu sekali.

3. Kebocoran Freon

Freon yang bocor akan mengeluarkan bau tidak sedap pada AC, bau yang berasal dari freon ini sangat mengganggu. Jika hal ini terjadi, ada baiknya kita ke retail AC untuk membeli komponen AC yang baru. Atau bisa juga dengan perbaikan pada sumber kebocoran AC tersebut. Jika freon bocor selain menimbulkan bau tidak sedap, hal ini juga berakibat pada AC yang tidak dingin lagi.

4. Konsleting

Arus pendek pada listrik menjadi salah satu penyebab AC berbau tidak sedap. Untuk menangani permasalahan ini ada baiknya kita mencari kabel yang terbakar serta menempel soket listrik yang kendur sehingga tidak terjadi lagi arus pendek tersebut.

 

Menggunakan Jasa Kontraktor AC

Jika permasalahan bau tidak sedap tidak kunjung membaik, ada baiknya kita menggunakan jasa kontraktor AC. Namun kita harus memilih teknisi yang handal, mengetahui permasalahan, mengerti keinginan kita, serta mempunyai lisensi. Dengan begitu AC anda bisa diperbaiki secara maksimal. Ada baiknya Anda juga meminta petunjuk bagaimana cara perawatan AC yang baik dan benar. Sehingga jika terjadi permasalahan, Anda bisa melakukan penanganan awal.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian