Cara Menyetel Suhu AC yang Pas dan Nyaman

5/5 (1)

Sebagian orang berpendapat bahwa AC seringkali dianggap sebagai kipas angin sehingga wajib ada di setiap ruangan. Hal ini sering kita temui di masyarakat yang tinggal di perkotaan dengan cuaca panas. Namun bedanya AC dengan kipas angin adalah kita bisa menyetel suhu yang kita inginkan dari AC, sehingga kita bisa menikmati suhu yang pas dan nyaman. Namun kebanyakan orang tidak paham bagaimana menentukan suhu pas tersebut dengan baik dan benar.

Menentukan Suhu yang Benar menurut Distributor AC

Ketika kita membeli AC di distributor resmi AC, tentu kita diberi banyak masukan mengenai cara penggunaan AC yang baik dan benar. Salah satunya adalah menentukan dan menyetel suhu AC yang pas. Suhu yang tidak pas tentu bisa membuat listrik menjadi boros dan memperbesar biaya pengeluaran, tetapi juga bisa mengganggu kesehatan tubuh kita. Ada beberapa gangguan akibat kita mengatur suhu AC yang terlalu rendah seperti flu, hipotermia, badan pegal-pegal, masuk angin, bahkan demam juga bisa terjadi. Oleh karena hal itu kita harus tahu bagaimana cara menyetel suhu AC yang baik dan benar, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Seting terlebih dahulu di 25,5 derajat Celsius

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mendapatkan suhu yang tepat adalah dengan cara mengetahui kondisi ruangan kita. Kita melakukannya dengan cara menentukan suhu yang pas untuk ruangan ini. Namun tentu saja suhu ini tidak bisa kita jadikan patokan juga. Hal ini karena suhu yang ada di luar ruangan turut mempengaruhi suhu ruangan. Ada baiknya kita menganggap suhu ini adalah suhu yang paling ideal, karena kita tetap bisa merasakan udara yang sejuk dan bisa menghemat listrik juga.

2. Menaikkan atau menurunkan suhu udara dengan cara yang bertahap

Hal ini sering sekali dijelaskan oleh dealer AC, bahwa menurunkan AC harus bertahap. Jika kita masih merasa bahwa suhu 25,5 derajat celsius kurang dingin atau kurang pas kita bisa menurunkannya ke satu level yang lebih rendah. Setelah itu kita diamkan sejenak dan rasakan apakah suhu tersebut sudah membuat nyaman atau belum. Jika masih belum kita bisa menurunkannya lagi ke level dibawahnya dan seterusnya hingga kita mendapatkan suhu yang tepat. Untuk menaikkan suhu juga kita bisa melakukan cara yang kurang lebih sama.

3. Mematikan AC pada saat akan bepergian

Mematikan AC pada saat kita pergi atau rumah kosong adalah hal yang baik karena bisa menghemat pengeluaran listrik serta menjaga kinerja AC. Jika tetap ingin menyalakan AC ada baiknya AC berada pada suhu diatas normal.

4. Memilih suhu 4 derajat lebih tinggi saat akan tidur

Kita akan diberitahu oleh distributor AC untuk menentukan AC lebih hangat dari biasanya. Hal ini agar kondisi tubuh kita tetap terjaga saat sedang tidur.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian