Cara Merawat AC Split Toshiba Inverter dengan Benar

No ratings yet.

AC split Toshiba inverter merupakan salah satu jenis AC yang banyak dimiliki. Hal ini dikarenakan harganya lebih terjangkau namun mampu mendinginkan ruangan dengan maksimal. Namun sayangnya banyak orang yang salah dalam merawat AC ini sehingga mengakibatkan kinerjanya menurun bahkan rusak. Jadi Anda bisa melakukan cara merawat AC dengan benar berikut ini.

Langkah merawat AC split Toshiba inverter

  1. Mengurangi intensitas pemakaiannya

Sama halnya dengan manusia, AC juga bisa mengalami kelelahan. Jika digunakan secara terus-menerus tanpa dimatikan AC akan menjadi panas dan rusak. Hal lain yang bisa dilakukan selain mengurangi intensitas pemakaian adalah menutup semua lubang ventilasi agar beban AC untuk menurunkan suhu udara menjadi berkurang.

Terakhir yang perlu diperhatikan yaitu tidak mematikan dan menghidupkan AC secara cepat. Tunggulah sekitar 1 menit agar freon yang ada di dalam AC siap dan menyesuaikan. Kebanyakan orang enggan melakukan ini karena tidak sabar atau sekedar lupa. Kebiasaan-kebiasaan cerdas ini akan memperpanjang umur AC. Freon yang tidak bisa diperbaiki lagi atau sudah waktunya ganti bisa dibeli di toko AC terdekat.

  1. Service AC secara rutin

Memiliki AC dan menggunakan dengan seperlunya saja tidak cukup untuk membuatnya terhindar dari kerusakan. Layaknya barang elektronik lainnya, AC juga bisa kotor dan perlu adanya pembersihan rutin dan pengecekan kondisi mesin yang menggerakkannya. Para kontraktor AC biasa melakukan servis selama 3 bulan sekali untuk memastikan mesin AC baik-baik saja.

Dalam servis biasanya dilakukan pembersihan pada debu-debu yang menyumbat lubang udara di AC. Debu dan kotoran yang menempel tersebut akan membuat AC bekerja lebih ekstra dan lebih cepat panas jika tidak rajin untuk dibersihkan. Bisa jadi ketika AC tidak sedingin biasanya hal ini disebabkan oleh tumpukan debu dan kotoran tersebut. Anda juga bisa mengantisipasi debu dan kotoran yang masuk ke dalam AC dengan mematikannya ketika membersihkan ruangan dan menutup pintunya selama melakukan bersih-bersih ruangan tersebut.

  1. Cara penempatan unit indoor dan outdoor

Ternyata cara penempatan unit indoor dan outdoor juga bisa mempengaruhi keawetan AC. Penempatan yang salah akan mengakibatkan kinerja AC menurun dan tidak sesuai dengan keinginan. Udara yang dihasilkan ketika penempatan unit indoor dan outdoor yang salah akan menjadi tidak dingin atau bahkan panas.

Tips utama yang harus diperhatikan adalah bahwa unit outdoor dan indoor saling mendukung satu sama lain sehingga disarankan untuk menempatkannya di tempat yang berdekatan. Selalu perhatikan pemasangannya, seperti tidak memasang unit indoor di dekat ventilasi. Unit indoor bisa cepat rusak karena komponennya yang sensitif dibandingkan dengan unit outdoor yang terbiasa dengan udara bebas. Jika rusak Anda bisa membelinya di beberapa distributor AC terdekat.

Nah, itulah beberapa cara merawat AC split Toshiba inverter dengan benar yang semoga bermanfaat untuk Anda.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian