Cara Pasang AC Casette Panasonic Inverter Unit Indoor dan Outdoor

5/5 (1)

AC cassette Panasonic inverter merupakan salah satu jenis merek yang menjadi primadona masyarakat. Banyak yang memilih tenaga inverter karena ingin lebih menghemat listrik mereka atau sekedar ingin AC yang cepat dingin. Namun dalam pemasangan AC, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Khususnya untuk memasang unit indoor dan outdoor agar tidak cepat rusak berikut ini.

Cara pasang AC cassette Panasonic Inverter indoor dan outdoor

  1. Hindari Ventilasi

Ternyata dalam pemasangan unit indoor dan outdoor memerlukan beberapa hal yang harus diperhatikan dan tidak boleh asal saja dalam memasang. Hal ini dikarenakan sistem kerja dari kedua benda tersebut yang saling mendukung satu dengan lainnya. Sehingga jika salah satu kurang tepat akan mengakibatkan kinerjanya menurun.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menghindari pemasangan unit indoor dekat dengan ventilasi. Unit indoor tidak boleh terkena langsung dengan udara bebas bahkan ketika menyalakannya, seluruh ventilasi harus ditutup dengan rapat. Berbeda dengan unit outdoor yang memang harus berada di luar dan dekat dengan ventilasi. Jangan sampai terbalik memasangnya, karena akan mengakibatkan kerusakan dan harus membelinya dengan yang baru di toko AC.

  1. Dipasang berdekatan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika unit outdoor dan indoor memang saling melengkapi maka pemasangannya pun tidak boleh berjauhan. Bisa dikatakan semakin dekat pemasangannya maka akan semakin baik.

Jika terlalu jauh akan mengakibatkan kabel penghubung kedua unit ini akan bekerja terlalu ekstra dalam mentransfer pekerjaannya. Baik dari indoor atau outdoor juga akan menambah ekstra dalam menghasilkan energi. Hal ini tentunya tidak baik untuk freon dalam AC yang akan cepat rusak. Freon yang baru bisa dibeli di beberapa kontraktor AC dengan harga yang lebih murah.

  1. Hindari pemasangan unit indoor dengan suhu panas

Jauhkan unit indoor dari beberapa elektronik yang menghasilkan suhu panas seperti kompor listrik, setrika, pendidih air listrik dll. Bahkan penempatannya di suhu ruangan yang terlalu panas pun sangat tidak disarankan. Hal ini akan menjadi beban berat AC dalam menurunkan tekanan suhu di dalam ruangan tersebut.

Alhasil kinerja AC akan menjadi tidak prima dan cepat rusak. Hal itu terjadi karena komponen yang ada di dalamnya membutuhkan penggantian dengan yang baru. Anda bisa mencari komponen tersebut di beberapa distributor AC.

  1. Jangan meletakkan unit indoor terlalu tinggi

Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu kinerja AC dalam mendinginkan ruangan. Udara yang keluar dari AC terhalang tembok dan atap karena tempatnya yang terlalu tinggi. Pasang unit indoor di tengah-tengah (bisa dikatakan tidak terlalu tinggi ataupun rendah). Ini bisa meringankan beban AC dalam bekerja. Alasan lain adalah takut akan jatuh jika pemasangannya kurang kuat dan melukai seseorang ketika unit tersebut jatuh.

Itulah beberapa cara meletakkan unit indoor dan unit outdoor AC cassette panasonic inverter yang perlu Anda tahu.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian