Cara Pasang AC Indoor dan Outdoor Split Beda Merek

No ratings yet.

Pemasangan AC untuk kebutuhan masyarakat nyatanya sudah tidak begitu pakem seperti saat pertama kali AC dipergunakan. Hal ini termasuk di dalam cara pasang AC indoor dan outdoor split beda merk. Namun banyak orang yang tidak mengerti mengenai hal yang perlu diperhatikan agar AC berjalan dengan baik.

Mengupas cara pasang ac indoor dan outdoor split beda merk

  1. Tipe Freon

Yang pertama kali diperhatikan adalah apakah bisa indoor dan outdoor AC split beda merk? Ternyata jawabannya adalah bisa asalkan harus memperhatikan beberapa hal yang sangat krusial dalam kinerja dari AC tersebut. Salah satu komponen yang krusial tersebut adalah freon. Freon sangat mendukung terjadinya kesinambungan antara unit indoor dan outdoor dalam bekerja secara bersamaan.

Sebagai contohnya, jika freon dalam AC yang dibutuhkan atau yang dipakai sebelumnya adalah freon R 22 maka yang harus dilakukan adalah memasang atau mengganti freon dengan ukuran yang sama, tidak boleh lebih atau kurang yaitu tepat freon R 22. Jika lebih dan kurang maka kinerja dari sebuah AC juga akan berbeda dan tentu saja terganggu.

Selain itu perlu diperhatikan juga antara freon yang dipasang untuk indoor dan outdoornya. Tidak bisa memasang freon dengan ukuran yang berbeda untuk bagian indoor maupun outdoornya. Jika salah satu menggunakan freon R 22 maka keduanya harus menggunakan ukuran freon R 22 tersebut. Begitu pun berlaku dengan ukuran freon yang lain.

Hal ini bertujuan untuk menangkal tidak terjadinya kinerja freon yang tumpang tindih. Dimana jika salah satu dipasang R 22 namun lainnya R 23 akan terjadi ketidakseimbangan antara kinerja freon tersebut.

  1. Keserasian Ukuran PK

Tips memasang AC split indoor dan outdoor beda merek selanjutnya adalah mengenai jumlah PK yang terpasang dalam sebuah AC. Meskipun yang dipasang memiliki merek atau brand yang berbeda namun hal yang perlu diperhatikan adalah kesamaan ukuran PK yang akan dipasang atau diganti tersebut. Hal ini sama krusialnya dengan ukuran freon yang akan dipakai dalam sebuah AC.

Jika PK indoor memakai PK 1 sama PK untuk outdoor juga harus memakai angka yang sama yaitu 1. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan kinerja antara komponen outdoor dan indoor untuk mendinginkan dan bekerja secara optimal tidak berat sebelah.

  1. Daya Listrik yang Tepat

Hal yang berikutnya diperhatikan adalah mengenai tegangan listrik. Yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian antara daya listrik yang dimiliki dari tempat yang akan dipasang listrik dengan AC yang akan dipasang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi adanya risiko konslet atau kerusakan pada sambungan listrik karena tegangan yang terlalu besar atau penggunaan listrik yang melebihi batas seharusnya.

Itulah cara pasang AC indoor dan outdoor split beda merk. Terpenting bukanlah merek yang sama melainkan ukuran yang sama dan serasi sehingga bisa menghasilkan dingin yang maksimal.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian