Cari Tahu Sebabnya AC Suspended Daikin Inverter Nyala Mati Sendiri

4/5 (2)

AC suspended Daikin Inverter sering mati lalu nyala kembali sesaat kemudian? Kondisi ini tentu bukan hal yang menyenangkan, apalagi saat cuaca sedang panas-panasnya di mana Anda membutuhkan udara dingin untuk menghalau panas. Daripada membawa AC langsung ke tukang service, ada baiknya bila mencari tahu lebih dahulu penyebab AC mati nyala seperti itu.

Penyebab AC Suspended Daikin Inverter Nyala Mati Sendiri

Penyebab AC sering mati nyala tidak sesederhana seperti yang Anda bayangkan sebelumnya. Tapi bukan berarti kondisi yang rumit sehingga tidak bisa diatasi sendiri. Untuk lebih jelasnya, simak berbagai penyebab AC sering mati nyala di bawah ini:

  1. Switch Indoor Abnormal

Sesungguhnya, kerusakan atau error ini tidak terjadi pada seluruh jenis AC hanya beberapa AC yang menggunakan teknologi lama atau yang usianya sudah bertahun-tahun. Kondisi ini bila terus dibiarkan tanpa diperbaiki akan membuat AC sering mati nyala dengan cepat.

Cara termudah mengatasinya cukup dengan solder, sementara itu untuk menyalakan maupun menonaktifkan AC gunakan remot AC. Cara ini mungkin efektif namun memiliki efek samping, yakni AC tidak akan bisa dinyalakan dan dinonaktifkan lagi dengan tombol on atau off.

2. Thermise Otomatis AC Tak Berfungsi Lagi

Salah satu kerusakan yang sering ditemukan oleh kontraktor AC adalah kerusakan pada thermis otomatis AC. Kerusakan ini kemungkinan besar disebabkan oleh massa dari komponen bersangkutan yagn sudah kadaluwarsa.

Cara mengatasinya cukup dengan menjauhkan thermise dari evaporator indoor AC. Bila ingin yang lebih mudah dan efektif lagi sehingga tidak perlu dilakukan treatment berkala, cukup ganti thermise dengan yang baru. Otomatis masalah mati nyala pada AC akan terhenti dan AC bisa beroperasi secara normal.

3. Timer Indoor Aktif

Kerusakan yang sering terjadi pada AC ini bukan disebabkan oleh kualitas AC dari distributor AC yang buruk melainkan karena kecerobohan penggunanya. Di mana Anda tidak ingat untuk mematikan timer pada AC. Karena lupa Anda justru berpikir AC mati nyala karena rusak.

Solusi mengatasi masalah ini sangat mudah, Anda cukup matikan timer AC-nya. Dan bila memiliki sifat pelupa ada baiknya untuk tidak lagi memasang timer.

4. Error Pada Modul

Mayoritas toko AC tidak akan menawarkan AC yang berkualitas buruk, jadi ketika ada error pada modul jangan terburu-buru menyalahkan pihak toko. Penyebab utama error ini adalah tegangan tinggi atau voltase listrik yang abnormal sehingga mengakibatkan korsleting. Atasi dengan rutin memeriksakan modul AC, cukup manfaatkan tester.

Jangan khawatir, dibandingkan tiga kerusakan sebelumnya kerusakan yang terjadi karena error pada modul jarang terjadi. Meski demikian, jangan pernah lupa untuk melakukan pengecekan rutin untuk menjaga terjadinya kondisi tidak menyenangkan ini.

Dan itulah empat penyebab AC Suspended Daikin Inverter kerapkali menunjukkan gejala kerusakan alias mati nyala. Bila Anda menemukan gejala-gejala tersebut segera lakukan perbaikan dengan teknik yang baik dan benar.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian