Ciri Kompressor AC yang mengalami Kerusakan

No ratings yet.

Pada bagian AC komponen yang paling penting adalah kompressor AC. Bagian ini biasa disebut sebagai jantung AC, sehingga jika mengalami kerusakan maka akan mengganggu seluruh kinerja AC. Kompresor merupakan alat mekanis yang memiliki tugas sebagai penghisap dan pendorong uap refrigeran dari evaporator. Selain itu kompresor juga memiliki tugas sebagai alat yang mempertahankan perbedaan tekanan di dalam sistem pendinginan.

Cara kerja dari kompresor sendiri menurut AC spesialis adalah dengan mengalirkan gas-gas freon dari refrigeran ke semua sistem pendingin serta mengubah tekanan dari yang tinggi menuju tekanan yang rendah. Apabila temperatur semakin meninggi maka akan semakin besar juga tekanan yang akan dikeluarkan oleh kompresor. Untuk permasalahan yang biasa kita temui dalam kompresor AC ada banyak sekali. Semisal kompresor yang sudah tidak berfungsi maksimal atau lemah hingga kompressor yang sudah mati total dan tidak bisa digunakan lagi. Dalam berbagai kondisi kompresor tidak selalu dalam kondisi yang prima, sehingga kinerja AC yang kurang kadang kala disebabkan oleh kondisi kompressor yang tidak berfungsi dengan baik.

Ciri Kompresor yang Rusak Menurut Kontraktor AC

Kompresor AC yang mengalami kerusakan bisa kita ketahui melalui ciri-ciri berikut ini:

  1. AC menjadi kurang dingin

Tanda pertama yang bisa kita ketahui jika kompresor mengalami kerusakan adalah dari kualitas AC yang menurun. Jika kita merasakan AC menjadi kurang dingin dari biasanya pada suhu yang sama bisa dipastikan terjadi kerusakan. Hal ini terjadi karena kompresor mengalami kondisi overload atau kepanasan, sehingga membuat komponen ini menjadi mati hidup. Kompresor akan mati jika terlalu panas dan akan menyala jika sudah dingin lagi.  Idealnya kompresor akan mampu hidup hingga dingin yang kita set dalam pengaturan sudah tercapai.

2. AC menjadi tidak dingin sama sekali

Jika sudah dalam kondisi AC yang tidak mampu menghasilkan udara dingin sama sekali, maka dapat dipastikan jika kompresor sudah mati total atau tidak bisa menyala sama sekali. Bagian motor kompresor yang tidak bisa menyala biasanya mengeluarkan suara yang cukup bising. Oleh karenanya kita perlu mendatangi retail AC untuk memperbaiki komponen ini.

3. Mesin kompresor menjadi berisik

Kondisi kompresor yang rusak bisa juga dilihat dari suara yang dihasilkan. Apabila suara kompresor terlalu berisik maka dipastikan kompresor mengalami kerusakan.

4. Kompresor menjadi cepat panas

Hal ini terjadi karena kompresor yang jarang dirawat dan dibersihkan.

5. Amper kompresor terlalu tinggi

Jika Amper kompresor tidak normal atau terlalu tinggi maka dipastikan ada kerusakan pada kompresor.

6. Mesin kompresor mendengung

Mesin ini akan mendengung karena kompresor sulit untuk hidup dari kondisi mati karena terlalu panas.

7. Kompresor mati total

Jika kompresor sudah mati total ada baiknya kita menggunakan jasa kontraktor AC untuk memperbaikinya.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian