Index

Article

Article

Cara Simpel Mengatur Suhu AC Agar Bisa Hemat Listrik Di Rumah

Cara Simpel Mengatur Suhu AC Agar Bisa Hemat Listrik Di Rumah

Dengan kondisi negara Indonesia yang tropis dan selalu disinari cahaya matahari setiap tahunnya, menjadikan Iklim negara Indonesia terbilang cukup panas. Karena itulah banyak masyarakat di Indonesia, khususnya di perkotaan yang memilih untuk memasang pendingin ruangan (AC) di dalam rumah mereka agar merasa lebih sejuk dan adem, sehingga membuat rumah menjadi tidak gerah dan lebih nyaman untuk melakukan aktifitas.

akan tetapi, banyak dari masyarakat yang mengeluhkan bahwa bila memiliki AC tersebut akan menyebabkan tagihan listrik menjadi membengkak dan bahkan bisa dua kali lipat dari tagihan bila tidak menggunakan AC, lantas bagaimana menyiasati hal tersebut?

setiap penggunaan AC akan berdampak pada perilaku yang menggunakannya, seperti misalnya pengaturan suhu ruangan yang tidak tepat akan mengakibatkan tarikan listrik yang lebih banyak. Hal inilah yang menyebabkan tagihan listrik menjadi lebih besar.. Dan sebagai kontraktor AC serta expert di bidang Instalasi AC VRV kami akan memberikan beberapa tips singkat untuk Anda, agar menggunakan AC tetap dapat menghemat listrik, antara lain:

Mengatur suhu ruangan dengan cara menyamakan dengan kondisi tubuh

Hal pertama yang bisa Anda coba lakukan dirumah adalah mengatur suhu pendingin ruangan sesuai dengan kenyamanan suhu tubuh, dan jangan berlebihan. Untuk suhu kamar sendiri biasanya memiliki rata rata 22 derajat hingga 25 derajat celcius. Jika keadaan cuaca terlalu panas, maka  Anda bisa menyesuaikannya dengan menurunkan 1 derajat celcius sesuai kenyamanan tubuh Anda.

Mengatur perbedaan antara suhu siang dan suhu malam hari

Tentu kita mengetahui bahwa suhu di siang hari akan berbeda dengan suhu yang ada di malam hari. Maka dari itu, bila ingin menghemat tagihan listrik, sangat disarankan untuk cermat dalam menentukan suhu pendingin ruangan di siang ataupun malam hari. Di malam hari, ada baiknya Anda mengurangi 4 derajat celcius tingkat pendingan AC bila dibandingkan dengan siang hari.

Cermat dalam mengatur suhu AC sesuai kebutuhan pribadi

Jangan terlalu memaksakan untuk mendapatkan suhu yang sangat dingin, karena demi kesehatan, manusia juga membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Untuk itu, Anda juga harus cermat dalam mengatur kapan atau tidaknya AC tersebut dinyalakan.

Bila AC menyala, usahakan jangan terlalu sering keluar masuk ruangan

AC memiliki kemampuan untuk menyesuaikan suhu yang ada di dalam kamar. Dan jika Anda terlalu sering membuka tutup pintu ruangan, maka udara dari luar akan masuk dan akan mempengaruhi kerja AC untuk lebih menyesuaikan suhu ruangan. Hal inilah yang menjadi faktor utama tagihan listrik kerap membengkak. Maka usahakan untuk tidak terlalu sering keluar masuk ruangan ketika AC menyala.

Demikianlah beberapa tips singkat dari ACWahana.com agar penggunaan pendingin ruangan Anda bisa lebih hemat minimal 50% dari penggunaan sebelumnya.

Semoga bermanfaat!

sumber: acwahana.com

By : Admin

Category