Fitur dan Kelebihan Komponen AC Cassette

4.57/5 (7)

AC Cassette merupakan salah satu jenis atau tipe ruangan yang pasti belum begitu familiar di telinga. Kata kaset justru lebih familiar dalam dunia audio video. Namun ternyata keberadaan AC cassette telah banyak diaplikasikan di berbagai tempat. Salah satunya adalah di hall room atau di berbagai puasat perbelanjaan yang sudah banyak yang menggunakan AC cassette untuk memenuhi kebutuhan suplai udara yang sejuk cenderung dingin.

Beberapa komponen pada AC Cassette

AC Cassette merupakan jenis pendingin ruangan yang memiliki seperangkat unit untuk dapat menghasilkan udara dengan suhu dingin jauh di bawah suhu ruangan sekitar. Pendingin jenis ini menerapkan sistem dengan unit yang diletakkan di langit-langit. Jadi, sumber atau lubang udara dingin berada di langit-langit. Unit indoor pada jenis AC cassette diletakkan melekat pada plafon sedangkan unit outdoornya diletakkan pada luar ruangan sama seperti AC pada umumnya.

Proses instalasi pendingin ruangan ini sangat mudah dan  praktis serta tidak memakan banyak tempat. Karena alasan inilah banyak Gedung besar seperti mall, perkantoran hingga Gedung industri yang mengaplikasikan AC jenis ini, beberapa fitur atau komponen yang menyusun AC cassette antara lain sensor suhu, sensor jumlah orang yang ada di ruangan, sinyal infra merah, kondensor, blower, auto swing dan masih banyak lagi.

Daftar kelebihan AC Cassette yang wajib diketahui

Jika dibandingkan dengan jenis pendingin ruangan lainnya, AC cassette lebih unggul. Akan tetapi, pemasangan pendingin ruangan jenis ini sebaiknya dilakukan pada ruangan yang besar. Ruangan besar antara lain Gedung bertingkat, hall room hingga pusat perbelanjaan. Beberapa kelebihan pemasangan AC cassette tersebut antara lain:

  • Dibekali dengan sensor ganda

AC cassette dibekali dengan sensor ganda yang dapat memaksimalkan kinerjanya dalam proses memasok udara bersuhu rendah. Sensor ini dapat meningkatkan sistem kerja pendingin udara sehingga dapat menghasilkan kesejukan yang optimal.

  • Memiliki kendali arah aliran udara

AC cassette juga memiliki kendali arah yang dapat bermanfaat untuk mengarahkan aliran udara dingin sesuai dengan kebutuhan. Sensor ini akan mengarahkan lubang yang membuat arah hembusan udara berubah pada tempat yang dihuni atau ditempati lebih banyak orang.

  • Mampu mengurangi kecepatan udara yang tidak bermanfaat

Salah satu komponen AC cassette yang menjadikan jenis ac ini unggul adalah penghalang aliran udara yang dapat dioperasikan dengan remote control. Fungsi dari penghalang aliran udara ini mampu menghambat udara yang membuat tidak nyaman tidak dikeluarkan dan mampu mengurangi kecepatan udara sesuai perintah dengan remote kendali.

  • Dilengkapi deteksi jumlah orang yang ada dalam ruangan

Sudah sedikit dijelaskan di atas bahwa AC cassette juga dilengkapi dengan sensor infra merah yang mampu mendeteksi keberadaan dan jumlah manusia yang berada di dalam ruangan yang dipasang AC ini, semakin banyak manusia yang berada di dalamnya, maka suhu udara akan menjadi lebih dingin secara otomatis. Kecepatannya pun akan meningkat sesuai kebutuhan.

Dari sekian jenis air conditioner, AC cassette adalah jenis yang paling tepat diaplikasikan pada ruangan luas layaknya mall. Seperti yang dijelaskan di atas, pendingin ruangan ini memiliki banyak sekali kelebihan.

oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian